fbpx

Tips Membuat Layout Halaman

Bagaimana Tips Membuat Layout Halaman yang baik dan menarik? Layout atau komposisi merupakan sebuah proses yang menempatkan, mengatur dan menata ulang teks maupun gambar pada halaman. Hal ini berfungsi untuk menciptakan komposisi yang baik dan juga efektif dalam menyampaikan pesan dari teks atau grafis pada audiens yang dituju. Adapun ketentuan-ketentuan yang perlu anda perhatikan agar bisa mendapatkan hasil yang sesuai dan maksimal.

Sejajarkan Elemen Desain dalam Grid (kisi-kisi)

Pastikan anda menempatkan setiap teks maupun elemen grafis pada halaman, agar mereka memiliki koneksi visual satu sama lain. Anda bisa membuatnya dengan keselarasan horizontal ataupun vertikal, serta menyeleraskan object disepanjang tepi yang sama atau center.

Pilih Visual Tunggal

Selanjutnya, buatlah layout sederhana cukup dengan menggunakan satu visual yang kuat. Akan tetapi, anda perlu menambahkan beberapa gambar yang saling terhubung atau selaras. Sehingga bisa membentuk unit visual tunggal dengan cara yang sama.


Keseimbangan Tata Letak Visual / Teks

Perhatikan keseimbangan tata letak visual yang tepat, baik dari segi jumlah teks maupun elemen grafis. Untuk membuat tata letak formal yang lebih statis, anda bisa membuat keseimbangan simetris 2 atau 4 kolom dari empat gambar pada umumnya.

Agar tidak jenuh, berikut salah satu video kumpulan hasil karya alumni Kursus di Flashcom wajib anda tonton !

Aturan Sepertiga

Aturan sepertiga yaitu komposisi yang baik memiliki pengaturan teks dan grafisnya yang ditempatkan dengan salah satu pedoman. Elemen paling penting dibagian ini, berpusat pada salah satu titik, dimana garis berpotongan dari hasil pembagian halaman menjadi tiga bagian horizontal dan vertikal.

Menambahkan Ruang Kosong Di Tempat Yang Tepat

Hindari memberi teks atau gambar yang berlebihan meski terlihat selaras dan seimbang, hal ini bisa merusak komposisi yang ada. Sebab setiap halaman membutuhkan ruang untuk bernafas. Solusinya, anda bisa meletakkannya pada tepi halaman agar teks tidak terjebak ditengah-tengah.

Selain belajar tips membuat layout halaman yang baik, ada baiknya anda mengetahui jenis-jenis produk desain grafis yang penting sekali untuk dipelajari. Baik itu dari dokumen persuasi, identitas, informasi, publikasi dan lain sebagainya.

Gunakan Dua Atau Lebih Dari Elemen Desain Yang Sama

Buatlah pengulangan elemen desain minimal dua, bisa berasal dari bentuk penggunaan konsisten keselarasan, warna yang sama untuk item terkait, serta gaya yang digunakan hingga ukuran grafisnya.

Tekankan Perbedaan Antar Unsur Desain

Ada baiknya anda menggunakan beberapa unsur desain yang berbeda, seperti elemen kontras termasuk warna dan juga keselarasan. Semakin besar perbedaannya, maka semakin besar pula kontras dan tata letaknya yang terlihat lebih efektif.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.