fbpx

Membuat Vexel Wajah

Vexel Art merupakan gabungan antara Vector dan Pixel, Vector ialah gambar yang menggunakan poligon untuk membuat gambar pada komputer grafis. Lokasi pada vektor dinamakan dengan control points atau nodes. Setiap posisi ini memiliki posisi yang berdasarkan sumbu x dan y dari bidang kerja yang menentukan arah jalan. Untuk alurnya ditambahkan beberapa atribute termasuk ketebalan garis, bentuk, kurva, warna garis, dan warna isi. Sedangkan disebut vexel karena berbentuk pixel / bitmap / raster layer dengan aplikasi semacam adobe photoshop. Hasil akhir meskipun terlihat mirip dengan vector art tetap saja pada akhirnya akan menjadi bitmap image. Nah, berikut ini saya akan berbagi tutorial cara membuat vexel wajah dengan photoshop, diantaranya:

Baca Juga:

Ini dia Tempat Kursus Desain Grafis di Surabaya yang Profesional dan Berkualitas

Bukalah Software Adobe Photoshop

  1. Lalu buka foto
  2. besarkan resolusi gambar dengan cara membuka menu > image > image size > besarkan resolusi gambar menjadi 300
  3. lalu copy layer dengan menekan CTRL – J dan beri nama “Filter”
  4. lalu beri efek kepada layer filter dengan cara membuka menu filter – filter gallery – poster edges – atur [edges thickness(0), edge intensity(0), posterization(2)] agar terlihat gelap terangnya maka foto anda akan menjadi seperti ini
  5. Buatlah line art menggunakan pen tool mengikuti bentuk wajah (tips: agar lebih mudah membuat line, taruh layer line diantara layer filter dan layer biasa seperti ini)
  6. Jika layer filter di hide akan menjadi seperti ini
  7. Lalu buatlah shape dengan warna dasar kulit (code warna: ffdfc0)
  8. Buatlah gelap terang atau shading dengan cara membuat shape yang mengikuti gelap terangnya filter tadi. Setelah itu beri warna tersebut dengan warna yang lebih gelap dari dasar kulit tadi, caranya geser warna tersebut sesuai contoh dibawah ini.
  9. Lakukan seterusnya hingga warna kulit yang paling gelap, dan hasilnya seperti ini kemudian kumpulkan menjadi group layer.
  10. Untuk membuat mata, gunakan shape yang mengikuti mata. Untuk menghasilkan mata yang tidak kosong maka gunakan layer seperti dibawah ini. Kalian bisa menggunaka warna terserah sesuai selera.
  11. Lalu untuk membuat bibir, ikuti saja bentuknya, disini saya berbagi denga code warna untuk bibir (laki – laki: d7aa95, perempuan: df7177) Tetapi di tutorial ini saya menggunakan warna bibir yang sangat merah karena menggunakan foto joker. Perlu kalian ketahui bahwa dalam membuat bibir lebih baik diberi warna yang gelap terang. Dan caranya sama yaitu menggeser kebawah dari warna dasar.
  12. Begitu pula dengan rambut, namun kamu harus teliti dalam membuat bentuknya agar menjadi sempurna.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.