fbpx

Sharing is caring!

Membuat Desain Kartun

Ada banyak sekali software ataupun aplikasi yang dapat anda gunakan dalam belajar Membuat Desain Kartun atau anime. Anda dapat memanfaatkan aplikasi seperti photoshop, corel draw maupun lainnya. Pemilihan software tergantung dari keinginan masing-masing individu, manakah yang lebih dikuasai dalam penggunaan tools atau lainnya.

Belajar Menggambar Kartun Menggunakan Corel Draw X5

Sebenarnya, tidak hanya aplikasi coreldraw saja yang bisa anda pakai dalam membuat desain kartun. Namun kali ini, kita akan membahasnya menggunakan coreldraw yang cocok digunakan oleh seorang pemula atau non-desainer. Diantaranya:

Membuat Lembar Kerja

Langkah pertama sebelum anda membuat desain kartun yaitu membuka aplikasi coreldraw dengan versi yang anda punya. Kemudian buat file baru serta atur ukuran kertas dalam jenis 4. Pastikan bahwa komputer anda memiliki spec yang mumpuni dalam segi mendesain.

Elemen Dasar Desain

Elemen desain merupakan hal terpenting guna mewujudkan prinsip desain, beberapa diantaranya adalah garis (line), tekstur, ruang, ukuran hingga warna sekaligus.

Artikel Terkait:

Kursus Desain Grafis

Memulai Pembuatan Desain

Hal pertama yang harus anda buat ketika mendesain sebuah kartun yaitu dimulai dari gambar kepala, kemudian wajah, rambut, tubuh, tangan hingga kaki. Anda bisa memanfaatkan fitur Bezier tool, shape tools, convert ke kurva, ellipse, transparansi interaktif dan fitur lainnya.

Menambahkan Elemen Desain Lainnya

Jika anda ingin menambahkan sebuah retina, maka gunakan powerclip. Dengan cara memilih lensa lalu pergi ke toolbar dan temukan efek power clip dalam container. Setelah itu anda dapat mengklik retina pada bagian tokoh kartun sesuai dengan keinginan.

Pada bagian inilah, kreativitas sangat dibutuhkan. Untuk pembuatan bagian tubuh tergantung dari keinginan setiap individu. Jika perlu, ada baiknya mengikuti Kursus Desain Grafis bersama Flashcom Indonesia. Dengan begitu, anda dapat Membuat Desain Kartun lebih profesional dan menarik dengan para ahlinya Designer disini. Selain beberapa cara diatas, masih terdapat pula beberapa tools perlu anda kuasai. Untuk itu, silahkan menghubungi layanan pelanggan by Hotline 0-811-3380-114 atau via WhatsApp

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.