Sharing is caring!

Cara Membuat Desain Komik

Ada banyak sekali cara membuat desain komik yang bisa anda lakukan dengan mudah. Apalagi sekarang ini banyak pula aplikasi atau software yang mendukung untuk mengasah skill dan memperluas kreativitas anda pastinya. Mulai dari software adobe photosop, illustrator hingga corel draw. Untuk membuat sebuah komik yang menarik perhatian kalangan masyarakat, terutama anak muda atau remaja. Anda perlu melakukan beberapa hal dibawah ini yang sangat membantu sekali cara pembuatannya.

Langkah-Langkah atau Cara Membuat Desain Komik yang Menarik

Adapun beberapa langkah pembuatan desain komik yang harus anda ketahui, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Menggambar Sketsa dan Scan Ke Komputer

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat sebuah gambar yang diinginkan pada 1 lembar kertas dengan jelas dan kemudian scan gambar tersebut kemudian menyimpannya dalam bentuk jpg.

Membuat Lembar Kerja Baru di CorelDRAW dan Import Gambar

Untuk menjalankan aplikasi ini, pertama klik menu file > new untuk membuat suatu lembar kerja baru. Sedangkan pengaturan dokumen nya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan lalu klik OK. Setelah itu masukkan gambar dengan menu file > import. Ketika terdapat browse, pilihlah lokasi gambar yang telah disimpan.

Wajib Tonton ! Kegiatan Belajar Desain Grafis dengan #KursusdiFlashcom

Lakukan Tracing & Convert Gambar Bitmap menjadi Vector

Kemudian terdapat objek gambar yan sudah terklik dan pilih tombol trace bitmap > outline trace > Clipart. Dalam proses ini juga akan menyesuaikan kebutuhan dan keadaan dari sketsa yang telah anda buat dan klik OK.

Export Hasil Tracing dalam Bentuk PNG

Selanjutnya anda harus mengexport hasilnya dengan cara menu file > export > pilih png. Lalu klik tombl export agar file gambar tersimpan dalam format tersebut. Biarkan pengaturan secara default namun pastikan opsi transparency secara terceklis. Jika sudah, maka klik OK.

Baca Lainnya:

Materi Belajar Desain Grafis Wajib DiKuasai untuk Pemula Hingga Mahir

Editing dengan Adobe Photoshop dan Mewarnai Gambar

Bukalah aplikasi photoshop dan lakukan klik menu file > open > pilih file gambar png yang telah ditracing sebelumnya. Jika sudah, anda bisa memberi warna pada gambar tersebut dengan lakukan seleksi terlebih dulu menggunakan magic wand tool. Pemilihan warna bisa menyesuaikan kebutuhan dengan memakai paint bucket tool. Bentuk percakapannya juga dapat shape tools.

Menambahkan Background pada Photoshop

Berbagai macam gambar vector gratis untuk membuat background bisa tersedia dengan adobe illustrator. Dimana anda bisa melakukan hal ini secara otomatis, dan mendapatkan hasil nya dengan export ke dalam format jpg dari aplikasi coreldraw. Kemudian mengcopasnya pada photoshop dan pastikan untuk memilih posisi layer yang paling bawah baru menyimpannya.

Demikian beberapa Cara Membuat Desain Komik yang bisa anda lakukan menggunakan beberapa software desain. Adapun Pelatihan Desain Grafis yang digelar oleh Flashcom Indonesia yang siap membantu anda dengan panduan trainer dari kalangan praktisi juga akademis professional. Apabila anda ingin menghubungi layanan pelanggan kami dapat melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460

Our Profile 

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.