fbpx

Tutorial Php MyAdmin untuk Pemula

Tutorial Phpmyadmin untuk Pemula, Phpmyadmin merupakan sebuah software gratis berbasis Language PHP yang bertujuan untuk memudahkan anda dalam mengelola database MySQL. Menggunakan Phpmyadmin adalah salah satu cara yang paling tepat bagi anda yang belum terbiasa mengetikkan berbagai macam perintah di terminal konsol dalam pembuatan dan pengaturan database MySQL. Tampilannya yang user friendly dan dapat diakses melalui browser, sehingga memiliki daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh phpmyadmin. Selain itu anda dapat mengexecute SQL statement apapun secara langsung. Nah mungkin sebagian dari anda masih bingung bagaimana sih membuat database mysql dengan phpmyadmin? Silahkan simak ulasan berikut.

Tahapan Membuat Database MySQL dengan phpmyadmin dalam Tutorial Phpmyadmin untuk pemula:

Membuat database merupakan hal mendasar yang perlu anda kuasai agar bisa memanfaatkan database untuk keperluan berbagai macam. Berikut ini adalah tahapan atau cara membuat database MySQL melalui phpmyadmin, diantaranya:

  • Tahap pertama anda perlu mengakses halaman phpmyadmin pada browser, kemudian dalam URL halaman akan terlihat berbeda-beda sesuai dengan konfigurasi pada web server tersebut. Selanjutnya bagi anda yang belum mempunyai User, maka anda dapat memasukan user dan password root yang bisa digunakan dalam proses instalasi MySQL.
  • Dalam dashboard phpmyadmin anda akan melihat berbagai pengaturan dan informasi, seperti umum, tampilan dan sebagainya. Untuk membuat database baru, Klik pada bagian menu Basis data, lalu anda isi nama sesuai dengan kotak yang disediakan kemudian klik buat (create). Jika proses pembuatannya berhasil, maka anda akan mendapatkan pesan atau notifikasi.
  • Untuk membuat user baru, klik menu pada Hak Akses (Privileges), Lalu pilih tambahkan pengguna (Add New User), Selanjutnya anda akan menemukan beberapa kolom yang disediakan untuk mengisi data anda. Kemudian Pada bagian Basis data untuk pengguna anda biarkan saja default, sedangkan bagian hak akses global sesuaikan dengan kebutuhan anda didalamnya yang terdiri dari data, struktur, administrasi dan sebagainya.
  • Jika sudah selesai, Pilih Klik kirim untum memproses pembuatan user baru, Jika berhasil maka terdapat pesan atau notifikasi untuk anda

Baca Juga:

Pelatihan Web Design Digelar oleh Flashcom Indonesia bersama Polda Jatim

Demikian penjelasan diatas yang telah kami uraikan, dalam tutorial phpmyadmin untuk pemula. Apabila anda masih bingung dan anda ingin mempelajari lebih banyak hal lagi terkait phpmyadmin, Anda dapat mengikuti Kursus atau Private bersama Flashcom Indonesia yang akan diajarkan langsung oleh ahlinya. Jika anda berminat silahkan Hubungi Layanan kami melalui Hotline 08113380114 ataupun Whatsapp 085735948460


100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.