fbpx

Sharing is caring!

Tools Membuat Aplikasi Android

Dalam membuat sebuah aplikasi, tentunya kalian akan membutuhkan sebuah tools bukan? Pada umumnya, terdapat beberapa Tools Membuat Aplikasi Android yang sering dipakai oleh para developer. Salah satunya yaitu android studio, meski software tersebut paling popular, kalian juga perlu tau yang lainnya. Diantaranya sebagai berikut:

Xamarin

Merupakan sebuah software development yang bisa digunakan dalam pembuatan aplikasi mobile berbasis android, iOS dan windows phone. Jika anda menggunakan Xamarin, sangat memudahkan pengembang aplikasi dengan bahasa pemrograman C# di beberapa platform sekaligus bahkan menjadi solusi programmer yang menguasai pemrograman C#.

Apache Cordova

Apache Cordova bisa membantu anda membuat aplikasi mobile menggunakan HTML, CSS dan Javascript. Dengan menyediakan berbagai API plugin yang memudahkan developer mengakses beberapa fungsi. Untuk menggunakannya, tidak harus dengan native code. Karena terdapat bahasa pemrograman web terinstall pada perangkat mobile tersebut.

React Native

Dengan react native, anda bisa membuat aplikasi yang tidak dapat dibedakan dengan aplikasi native. Karena tersedia library yang terdapat nativenya dan telah terintegrasi. Selain itu, anda bisa juga membuat dua aplikasi secara bersamaan yaitu iOS dan Android.

Ionic Framework

Sebuah framework berbasis Html5 yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi mobile dengan Html, CSS dan Javascript. Ionic bersifat open source yang menggunakan Angular JS guna implementasi logic-nya. Bahkan tampilan desain antarmukanya dibantu dengan Ionic Lab dan berjalan sangat cepat seperti aplikasi native.

App Inventor

Aplikasi ini memungkinkan para pengguna baru dapat memprogram komputer dengan perangkat lunak terutama di sistem berbasis operasi Android. Salah satu keunggulannya memiliki antarmuka grafis yang memungkinkan pengguna dapat mendrag & drop object visual membuat aplikasi android. Tools ini juga berbasis visual block programming yang membuat aplikasi tanpa kode sedikitpun.

Eclipse

Fungsi utama Eclipse yaitu mengembangkan aplikasi java dan juga dalam bahasa pemrograman lain seperti C, C++, Python, Ruby dan sebagainya. Adapun para pengguna dapat menambah kemampuannya dengan install plugin yang tertulis misalnya toolkit. Selain itu, Eclipse bersifat open source karena menjadi salah satu IDE Favorit yang dapat dilihat kode pemrogramannya pada setiap orang.

Jika anda berminat dan ingin belajar lebih jauh terkait pemrograman android dengan 6 tools membuat aplikasi android, ada baiknya mengikuti Kursus Android Programming yang diselenggarakan oleh Flashcom Indonesia. Layanan pelanggan yang Fast Response dapat anda hubungi melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp. Untuk mengetahui cara kerja android developer, bisa anda lihat disini.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.