fbpx

Teknik Dasar Editing Video

Segala sesuatu yang kita kerjakan, tentu membutuhkan sebuah proses. Sama halnya menjadi editor profesional yang membutuhkan proses agar mampu menciptakan karya video berkualitas, baik dari segi tampilan, isi, efek dan lain-lain. Untuk melakukan hal tersebut tidaklah mudah, selain menguasai softwarenya, anda perlu juga memahami Teknik Dasar Editing Video. Apa sajakah itu? Berikut diantaranya

4 Teknik Dasar Editing Video Wajib Anda Kuasai bagi Pemula

Trims

Teknik dasar pertama yaitu Trim, dimana anda akan menyusun sebuah video agar lebih rapi pada bagian awal hingga akhir pembuatan. Bahkan anda juga bisa mengatur panjang atau pendeknya sebuah video yang akan dibuat sesuai konsep atau rancangan sesuai dengan kebutuhan.

Split

Selanjutnya teknik split untuk membagi video menjadi beberapa bagian, caranya cukup mudah dengan meletakkan kursor pada bagian yang ingin diberi efek, lalu tekan tombol S. Teknik ini sangat cocok digunakan untuk membuat konsep video durasi singkat, acara inti dengan selingan musik atau video, dan lain sebagainya.


Cut

Pada teknik Cut, lebih difungsikan untuk membantu Editor dalam memindahkan gambar satu ke gambar yang lainnya. Hal ini berguna sekali untuk memperjelas sebuah adegan sebelumnya secara detail dan spesifik kepada penonton. Misalnya kesinambungan action, long shot ke medium close up, dan lainnya.

Sebelum kita lanjut pada teknik terakhir, berikut tutorial belajar editing video menggunakan salah satu software profesional yaitu Adobe Premiere. 

Join

Jika anda ingin menggabungkan dua gambar menjadi satu, maka lakukan teknik Join. Anda bisa menyisipkan sebuah musik, video dan lain sebagainya dengan mudah. Caranya yaitu pilih file yang ingin disisipkan, kemudian import file dalam task video yang anda kerjakan. 

Kini anda telah mengetahui Teknik Dasar Editing Video pada uraian diatas, apabila anda ingin memperdalam lagi dengan menguasai Software Video Editing, maka ikuti Kursus Animasi Motion Graphic bersama Flashcom. Belajar secara lengkap dalam membuat beragam karya berkualitas dengan mudah seperti motion graphic, company profile, cinematic, short movie, trailer, promotion dan sebagainya.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.