fbpx

Persamaan CorelDraw dan illustrator

Anda sedang mencari persamaan Persamaan CorelDraw dan illustrator? Atau apakah anda ingin menekuni dunia desain grafis dan bingung akan menggunakan software desain grafis mana yang paling cocok untuk desain anda. Artikel ini akan membahas persamaa software desain grafis terbaik dan terpopuler saat ini, yaitu CorelDraw dan Adobe Illustrator. Di Indonesia ini, ada dua software desain grafis yang terbilang paling populer atau paling banyak digunakan yakni Adobe Illustrator dan CorelDraw.

CorelDraw dan Adobe Illustrator adalah software desain grafis yang dikhususkan untuk pengolahan gambar berupa Vector (Gambar yang disusun dari gabungan garis dan titik). Bagi pemula yang mempelajari desain grafis akan lebih nyaman jika menggunakan CorelDraw karena tampilan kerja yang simple dan mudah diingat, tetapi jika anda sebelumnya sudah akrab dengan tampilan Photoshop akan lebih mudah menggunakan Adobe Illustrator karena tampilan Keluaran Adobe ini hampir mirip satu sama lain dan memungkinkan pengguna mengenali worksheet di Adobe Illustrator.

Sudah kita ketahui bahwa Adobe Illustrator dan Corel Draw adalah kedua aplikasi yang sangat diandalkan dalam pembuatan project berbasis vector. Adobe dan Corel ini sangat terkenal dikalangan desainer, karena para desainer menganggap bahwa adobe illustrator dan corel ini adalah salah satu aplikasi yang paling perfect dan mempunyai fitur yang lengkap. Persamaan CorelDraw dan illustrator, sebagai berikut.


Artikel Terkait:

Keunggulan Mengikuti Pelatihan Desain Grafis Sidoarjo dalam Belajar Desain Grafis untuk Pemula

Adobe Illustrator adalah aplikasi untuk mengolah serta mengedit desain atau gambar yang berbasis vektor. Adobe Illustrator ini dikembangkan oleh perusahaan Adobe. Adobe Illustrator ini hanya tersedia atau bisa digunakan pada komputer saja, dan tidak bisa digunakan di perangkat lain seperti handphone, tablet, dan perangkat lainnya. Adobe Illustrator ini sudah merilis versi terbaru, yaitu Illustrator CC. Adobe Illustrator CC ini merupakan generasi ke-17. Adobe Illustrator ini pertama kali dikembangkan hanya untuk komputer Apple Macintosh pada bulan Desember 1986 dan diluncurkan pada bulan Januari 1987. Adobe Illustrator ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan sama seperti software-software lainnya.

 Kelebihan Adobe Illustrator :

  1. Jika kita ingin membuat ilustrasi adobe illustrator ini sangat bagus sekali
  2. Fitur-fiturnya sangat lengkap
  3. Dapat menampung atau menghandle file yang mempunyai ukuran besar
  4. Warna yang dihasilkan akan sama jika hasilnya di print

Kekurangan Adobe Illustrator :

  1. Dalam pengerjaan Layout, Illustrator ini agak sedikit ribet sehingga memakan waktu yang lama
  2. Tempat produksi atau biasa yang disebut percetakan belum terlalu support dengan software Adobe Illustrator

Sesadangkan CorelDraw adalah aplikasi untuk membuat desain yang berbasis vector, sama halnya seperti Adobe Illustrator, bisa juga untuk membuat poster, logo dan lain-lain. Corel Draw ini adalah salah satu software yang dibuat oleh Corel, yang diluncurkan oleh perusahaan yang kantor pusatnya terletak di Ottawa, Kanada.

Kelebihan CorelDraw :

  1. Untuk pembuatan layout corel ini sudah tidak diragukan lagi tingkat kecepatannya.
  2. Dipakai oleh perusahaan produksi untuk proses produksi
  3. Snap to object sangat berguna dalam proses mendesain
  4. Gambar yang dihasilkan kurang begitu bagus namun hasilnya tidak kalah dengan gambar berbasis bitmap atau raster

Kekurangan CorelDraw :

  1. Fitur-fitur yang ada di CorelDraw sangat minim
  2. Jika untuk membuat atau membuka file yang berukuran besar tidak begitu bisa dihandle dan akan membuat software menjadi lambat
  3. Warna yang yang dihasilkan kadang tidak sesuai dengan yang kita pilih

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.