fbpx

Persamaan CorelDRAW dan illustrator

Ingin menekuni dunia desain grafis, tapi masih bingung menggunakan software mana yang paling cocok untuk desain anda? Selain photoshop, adapun software lain yang bisa digunakan untuk belajar mendesain bagi pemula. Diantaranya anda bisa mempelajari Persamaan CorelDRAW dan Illustrator terlebih dulu, keduanya terbilang populer dan sering digunakan para desainer.

Pada umumnya, coreldraw dan adobe illustrator merupakan software khusus untuk mengolah gambar berupa vector. Bagi pemula yang baru terjun didunia desain, mereka lebih nyaman menggunakan coreldraw karena memiliki tampilan kerja yang simple dan mudah diingat. Berbeda dengan illustrator, desainer banyak yang menggunakannya apabila sudah akrab dengan tampilan photoshop, dikarenakan worksheetnya hampir mirip satu sama lain.

Manakah yang Lebih Baik? Persamaan CorelDRAW dan Illustrator

Adobe illustrator dan coreldraw merupakan software yang tak kalah hebat dengan photoshop, mengapa? karena banyak desainer yang menganggap bahwa keduanya memiliki fitur-fitur yang lengkap dan juga keunggulan masing-masing. Apa sajakah itu? Simak uraian berikut ini.


Jika anda ingin menguasai Software Desain Grafis dengan mudah bersama Ahlinya, lakukan klik tombol WhatsApp pada situs ini dan anda akan terhubung langsung dengan Layanan pelanggan kami.

Software Desain Grafis Adobe Illustrator

Adobe illustrator merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan adobe yang hanya tersedia pada komputer atau pc saja, anda tidak dapat menggunakannya diperangkat lain seperti handphone, tablet dan lainnya. Banyak desainer yang menggunakannya untuk mengolah dan mengedit desain gambar berbasis vektor. Beberapa keunggulan dan kekurangannya bisa anda lihat dibawah ini.

Kelebihan Illustrator
  1. Sangat cocok bagi desainer yang ingin membuat ilustrasi
  2. Memiliki fitur yang sangat lengkap
  3. Dapat menampung atau menghandle file berukuran besar.
  4. Menghasilkan warna yang sama dengan hasil cetak (print)
Kekurangan Illustrator
  1. Jika anda mengerjakan sebuah layout, illustrator agak rumit dan membutuhkan waktu yang cukup lama.
  2. Tempat produksi atau biasa disebut percetakan, belum terlalu support dengan software desain satu ini.

Sebelum kita lanjut, berikut salah satu Alumni Flashcom Indonesia yang telah menyelesaikan Kursus Desain Grafis dari basic to advance.

Software Desain Grafis CorelDRAW

Coreldraw merupakan aplikasi yang sama halnya seperti illustrator untuk membuat desain berbasis vector. Anda bisa membuat berbagai macam produk desain seperti poster, logo, dan lain sebagainya. Simak kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

Kelebihan CorelDRAW
  1. Untuk pembuatan desain layout, coreldraw sudah tidak diragukan lagi tingkat kecepatannya.
  2. Banyak perusahaan memilih software ini untuk proses produksi (editing)
  3. Terdapat snap to object yang sangat membantu dalam proses mendesain
  4. Meski gambar yang dihasilkan kurang begitu bagus, namun hasilnya tidak kalah dengan gambar berbasis bitmap atau raster.
Kekurangan CorelDraw :
  1. Software ini memiliki fitur yang sangat minim
  2. Jika untuk membuat atau membuka file berukuran besar, coreldraw sangat lambat dan tidak bisa dihandle.
  3. Terkadang warna yang dihasilkan tidak sesuai dengan apa yang dipilih.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.