fbpx

Perbedaan Pivot Table & Excel Makro

Kali ini kita akan membahas mengenai Perbedaan Pivot Table dengan Excel Makro. Saya akan menjelaskan mengenai Pivot Table, Pivot Table adalah alat program yang memungkinkan anda untuk mengatur dan meringkas kolom dan baris data yang dipilih dalam spreadsheet atau tabel database untuk mendapatkan laporan yang diinginkan. Sebuah pivot table tidak benar-benar mengubah spreadsheet atau database itu sendiri. Dalam istilah database, pivot untuk mengubah data dan melihatnya dari perspektif yang berbeda.

Fungsi Pivot Table biasa digunakan dengan program Spreadsheet seperti Excel. Pivot Table sangat berguna dengan data dalam jumlah besar. Penggunaan Pivot Table ini sangat efektif digunakan bagi anda yang bekerja di departemen penjualan dimana tugas anda menganalisa berbagai macam data dari sudut pandang yang berbeda. Maka dari itu, bagi anda yang bekerja di bidang departemen penjualan tentu harus menguasai pivot table dengan baik.

Baca Juga:

Tempat Kursus Akuntansi Excel Berkualitas Hanya di Flaschom Indonesia

Keuntungan menggunakan pivot table, sebagai berkut.

  • Membuat pengelompokan data yang berdasarkan kategori sesuai dengan keinginan
  • Membuat rangkuman data pada berbagai perhitungan, seperti sum, average, dan lain sebagainya
  • Menyaring data yang diinginkan dan menampilkannya.

Sedangkan Macro adalah sistem input otomatis yang merekam jejak keyboard dan mouse. Dengan mengguakan macro, pengguna dapat meringkas waktu pekerjaan yang biasanya dilakukan untuk pekerjaan yang sama dalam menggunakan Excel. Macro pada excel merekam dengan menggunakan Macro recorder, hasil rekaman akan tersimpan di Visual Basic (VB) yang terdiri dari kode-kode, kemiduan kode-kode tersebut bisa disimpan di notepad, dan dijalankan kembali dilain waktu dengan menggunakan macro dan VBA.


Keuntungan menggunakan Excel Makrosebagai berikut.

  • Macro excel mampu membuat aplikasi excel secara sempurna
  • Macro cukup fleksibel, digunakan untuk beragam keperluan yang menyesuaikan kebutuhan pemakainya.
  • Bekerja dengan macro excel membuat pekerjaan terotomatis dan ringkas, sehingga dapat menciptakan efisiensi dan efektivitas.

Nah itu lah perbedaan pivot table dengan excel makro. Tergantung dari kita dan kebutuhan saja, itu hanyalah sedikit pemahaman mengenai pivot table dan excel makro. Jika anda ingin mempelajarinya lebih lanjut, dapat dengan mengikuti Kursus Akuntansi Excel bersama Flashcom Indonesia. Layanan pelanggan yang Fast Response dapat menghubungi melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735949460

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.