fbpx

Sharing is caring!

Perbedaan 3DSMAX dan GOOGLE SKETCHUP

Jika anda baru mulai mendalami dan mempelajari 3D dan berfikir mana yang terbaik antara menggunakan 3DStudioMax atau Google Sketchup. Diartikel kali ini akan membahas perbedaan 3DStudioMax dan Google Sketchup, hal – hal yang bisa menjadi perbedaan 3DSMax dan Google Sketchup.

  1. Google Sketchup

Google sketchup merupakan aplikasi desain grafis 3D (3 Dimensi ) yang sering digunakan untuk membuat rumah (Desain) dan beberapa aplikasi lainnya. Manfaat google sketchup sangatlah banyak, di antaranya untuk membuat beberapa desain interior. Google sketchup memang sangatlah mudah untuk kita pelajari dan sangat cocok untuk pemula karena parameternya juga tidak terlalu banyak. Google sketchup dapat kita gunakan untuk menggambarkan suatu object 3D yang sangat detail dan dengan hasil yang sangat memuaskan bahkan sama seperti aslinya ketika sudah melalui rendering. Untuk bentuk geometris yang sederhana, seperti bangunan minimalis, Furniture (selama tidak memerlukan bentuk yang terlalu organic), SU sangat cepat dan ringan. Tetapi begitu masuk ke bentuk polygon yang kompleks, SU langsung menjadi sangat berat. Setelah selesai, SU langsung bisa di ekspor dalam bentuk Tampak, Denah dan Potongan, plus sudah ada ukurannya. Ini sangat berguna untuk para Arsitek dan Interior designer.

Kelebihan google sketchup :

  1. Interface yang sangat menarik dan simple
  2. Mudah di gunakan oleh semua orang bahkan untuk pemula sekalipun.
  3. Tools yang digunakan di dalamnya sangat ramah, sering di jumpai dan mudah untuk di ingat.
  4. Banyak open source dan plugin yang mendukung kinerja dari Sketchup
  5. Aplikasi 3D yang sangat ringan untuk komputer berbasis standard
  6. Terdapat fitur import file ke ekstensi seperti 3ds, dwg, pdf, jgp, dll
  7. Dapat dengan mudah mendapatkan fitur-fitur yang sudah ada di dalamnya dengan melalui 3D Warehouse, bahkan untuk mengunggah hasilnya ke 3D warehouse.

Kekurangan google sketchup  :

  1. Susah dalam pemodelan tingkat lanjut meskipun memakai plugin sekalipun
  2. Terjadi Crash apabila terdapat banyak permukaan patch dan vertex ( terjadi apabila mengimpor model tingkat lanjut misal model manusia dari 3ds max ke Sketchup)

Artikel Lainnya:

Belajar Dasar Desain Interior melalui Training Desain Interior di Surabaya bersama Flashcom Indonesia

  1. 3DStudio Max

3D Studio Max adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3D “3 dimensi” dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet dan Kinetix). Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk,Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005. 3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak. 3D Studio Max Digunakan dalam pembuatan film animasi 3 dimensi maupun finishing object, baik untuk keperluan film, iklan, arsitektural (interior dan exterior, 3D building design), dan kegunaan lainnya yang berhubungan dengan pembuatan obyek tiga dimensi. Sangat bagus untuk bentuk yang kompleks dan organic, 3DSMax lebih cocok untuk desainer tingkat lanjut karena butuh waktu yang cukup lama untuk mempelajarinya disebabkan parameter yang sangat banyak.

Kelebihan 3D Studio Max :

  1. Mampu membuat objek Virtual secara 3 dimensi. dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan.
  2. Mampu memberikan kesan material mendekati aslinya seperti material kayu, batuan, dan tanah.
  3. Mampu memberikan efek-efek khusus pada hasil akhir produk seperti efek cahaya dan bayangan, efek atmosfir seperti api, kabut dan lighting.
  4. Dapat menjalankan proses animasi, gambar dapat digerakan dan dirubah bentuknya serta diatur proses animasinya.

Kekurangan 3D Studio Max :

3D Studio max mungkin bagus untuk pemula dan dapat membuat karakter efisien dan cepat, tetapi memiliki beberapa kelemahan bahwa harus dipertimbangkan. Dibandingkan dengan Maya 3D, kemampuan untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit untuk kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar dengan cara kereta jika benda-benda besar diimpor atas benda kecil dalam program ini.

 

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.