fbpx

Sharing is caring!

Teknik Animasi 2 Dimensi

Animasi merupakan suatu rangkaian gambar dian secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, seperti yang kamu lihat dalam film kartun di televisi yang dapat kamu simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksi menjadi bergerak. Animasi sekarang ini banyak dihasilkan melalui grafik komputer 3D walaupun grafik komputer 2D masih banyak. Dalam Pengertian dan Teknik dari Animasi 2 Dimensi dibuat dengan sketsa gambar yang digerakkan satu persatu sehingga tampak nyata dan bergerak yang bisa dilihat dari depan saja. Untuk proses pembuatannya diperlukan teknik animasi 2 dimensi yang wajib kalian ketahui, apa sajakah itu? sebagai berikut.

Cell Technique (Film Animasi Teknik Sel)

Teknik cell ini merupakan teknik dasar pembuatan film animasi klasik. Rangkaian gambar dibuat di atas lembaran transparan yang tembus pandang/sel (cell). Objek utama yang mengeksploitir gerak dibuat terpisah dengan latar belakang dan depan yang statis. Dengan demikian, latar belakang (background) dan latar depan (foreground) dibuat hanya sekali saja. Cara ini dapat menyiasati pembuatan gambar yang terlalu banyak.

Teknik Computing 2D

Animasi dua dimensi setelah perkembangan teknologi komputer di era delapan puluhan juga merasakan imbasnya. Yang sangat signifikan dirasakan adalah kemudahan dalam proses pembuatan animasi. Untuk penggarapan animasi sederhana, mulai dari perancangan model hingga pengisian suara/dubbing dapat dilakukan dengan mempergunakan satu personal komputer. Setiap kesalahan dapat dikoreksi dengan cepat dan dapat dengan cepat pula diadakan perubahan.

Artikel Lainnya:

Ingin Membuat Animasi Yang Semenarik Mungkin? Yuk Ikutan Kursus Animasi di Sidoarjo

Teknik Computing 3D

Berbeda dengan teknologi animasi 2D, pada teknik 3D atau tiga dimensi, ilusi yang disuguhkan terkesan memiliki ruang dan kedalaman. Pada gambar yang hanya memiliki dimensi (ukuran) panjang dan lebar (2D) kesan kedalaman belumlah muncul. Ketika dimensi ke tiga (kedalaman) berperan, maka ilusi tersebut baru terlihat nyata. Logika matematis terlihat perannya di sini, ketika mewujudkan kesan ruang suatu benda. Tinggal lagi, bagaimana menyulap mata sehingga kesan (yang sebenarnya 2 dimensi) menjadi tiga dimensi

Animation Classic 

Animasi telah dibuat pada tahun 1919 pertama kalinya di negara Amerika. Teknik pembuatan animasi pada zaman dahulu tidak menggunakan komputer.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.