fbpx

Mendesain Buku di Word

Mau belajar Mendesain Buku di Word dengan mudah? Anda bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini beserta cara mencetaknya agar dapat menghasilkan tampilan desain yang keren dan menarik. Desain Buku sangatlah penting untuk dilakukan, selain menarik perhatian orang juga dapat menuangkan kreativitas anda pastinya. Dengan desain ini, maka akan terbentuk sebuah lipatan pada tampilan ms. Word pastinya.

Cara Mendesain Buku di Word dengan Mudah dan Cepat

  1. Pada tab tata letak halaman, anda bisa mengklik ikon pada setiap sudut kanan bawah grup dengan pengaturan halaman guna memunculkan jendela setting halaman.
  2. Klik icon margin dan dibawah halaman anda harus mengubah kembali pengaturan. Terdapat beberapa halaman menjadi lipatan buku saat kamu melakukan ini otomatis akan berubah menjadi lanskap.
  3. Untuk menyisakan ruang agar bisa dijilid, anda bisa menambahkan lebar pias tengah. Setelah itu, bisa langsung ke Tab kertas. Pilihlah Ukuran Kertas dan perlu diingat bahwa ukuran akhir buklet adalah setengah dari ukuran kertas. Untuk itu anda harus memastikan printer dengan ukuran yang tepat.
  4. Setelah itu klik OK, bila dokumen yang diubah harus memiliki konten atau teks, maka akan diformat secara otomatis. Hanya saja anda harus menyesuaikan objek seperti gambar dan table dengan cara manual.

Baca Lainnya:

Keren ! Inilah 5 Tips Desain Cover Buku dari Para Penulis Internasional

Langkah-langkah Memprint Buklet setelah Mendesain Buku di Word

Setelah anda melakukan desain, langkah selanjutnya adalah memprint buklet tersebut. Hal ini pun juga tidak bisa dilakukan sembarangan dan harus sesuai dengan aturan seperti dibawah ini:

  • Klik File, kemudian Cetak.
  • Apabila printer kamu mendukung pencetakan otomatis di kedua sisi kerja, di bawah pengaturan, ubahlah Cetak Satu Sisi menjadi Cetak di Kedua Sisi.
  • Pilihlah opsi Balik Halaman di Tepi Pendek. Hal ini dilakukan guna menghindari pencetakan yang terbaik di sisi kedua tiap lembarnya.
  • Apabila printer kamu tidak mendukung pencetakan otomatis di kedua sisi kertas, maka pilih Cetak di Kedua Sisi secara Manual. Kemudian masukkan kembali kertas ke printer saat diminta. Guna menghindari halaman cetak secara terbaik, kamu bisa membalik lembar di tepi pendek kertas sesuai dengan petunjuk printer kamu.

Tips tambahan Mendesain Buku di Word, untuk menambahkan sentuhan profesional, kamu bisa menambahkan nomor halaman di header ataupun di footer. Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan agar dapat membuat desain buku keren dan menarik.


Kursus Full Praktik & dibimbing langsung oleh ahlinya !!

Jadwal yang Fleksibel, Materi belajar menyesuaikan kebutuhan siswa, 100% Full praktik bersama ahlinya.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.