fbpx

Membuat Pivot Chart

Menyusun laporan pada Microsoft excel dengan Pivot Table dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan hanya cukup drag and drop ke field (kolom) yang dibutuhkan saja. Membuat Pivot Chart direkomendasikan sebagai salah satu media untuk menyajikan data. Ini karena setelah data disusun menjadi sebuah laporan berupa angka-angka biasanya hasil yang ditampilkan kurang menarik, penyajian data dalam bentuk gambar maupun diagram tentunya lebih disukai oleh banyak orang dan mudah untuk menganalisis datanya.

Cara Membuat Pivot Chart Excel dengan Mudah melalui Kursus Administrasi Perkantoran

Sebelum menambahkan pivot chart, sebaiknya menyiapkan data terlebih dahulu dalam bentuk pivot table. Berikut ini langkah-langkah membuat Pivot Chart dengan mudah:

  1. Membuka file Pivot chart.xlsx
  2. Langkah selanjutnya, meletakkan pointer ke area data
  3. Masuk ke bagian tab insert lalu pilih PivotChart, jika anda menggunakan Microsoft Excel 2013 ke atas bisa langsung membuat pivot chart dari bentuk tabel biasa.
  4. Pada bagian Window Create Pivot Chart, perhatikan pengaturan parameternya.
  • Table/range secara otomatis akan terseleksi, pengaturan ini bisa diseleksi ulang area datanya
  • Pilih new worksheet untuk lokasi pivot chart supaya mudah saat melakukan analisis
  1. Klik OK
  2. Kemudian pada tampilan sheet baru akan ditambahkan area pivot Table dan Pivot Chart yang kosong, untuk menampilkan datanya bisa menggunakan drag dan drop.
  3. Menggunakan cek list untuk menampilkan data ke Pivot Table Report
  4. Meletakkan field data yang anda gunakan ke area ROWS
  5. Setelahnya meletakkan field TOTAL ke area VALUES (setiap field yang mau dihitung letakkan ke field values)
  6. Laporan akan terbentuk otomatis di Pivot Table dan Pivot Chart
  7. Jika tampilan grafik tidak sesuai dengan yang diinginkan bisa dirubah melalui pengaturan grafik yang berada pada bagian atas.

Baca Lainnya:

Pelatihan Excel dan PowerPoint Advance yang Digelar oleh Flashcom Indonesia

Jadi itulah sedikit ulasan Cara Membuat Pivot Chart untuk memudahkan membaca data dan menganalisisnya. Penyajian data dengan tampilan grafik maupun gambar lebih banyak menarik minat orang. Selain itu, pivot chart juga mudah diaplikasikan pada Excel. Penyajian laporan anda akan terlihat powerful meskipun dengan jumlah data yang besar dengan waktu sangat singkat.


Jika anda ingin belajar lebih lanjut, ada baiknya untuk mengikuti serangkaian kegiatan kursus administrasi perkantoran bersama Flashcom Indonesia, layanan pelanggan yang Fast Response and Service Excellent dapat dihubungi melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsAp 085735948460

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.