fbpx

Sharing is caring!

Membuat Motion Graphic

Dalam seni desain grafis, terdapat sebutan motion graphic yang memiliki banyak peminatnya atau berkecimpung dalam dunia desain. Adapun cara Membuat Motion Graphic dengan mudah menggunakan software after effect yang dapat anda pelajari dan coba praktikan. Jika anda merasa kesulitan, ada baiknya mengikuti Kursus Motion Graphic bersama Flashcom Indonesia dengan panduan Trainer Profesional di bidangnya.

Untuk membuat motion graphic menggunakan after effect, anda perlu memahami terlebih dulu penggunaan setiap fitur yang ada didalamnya. Mulai dari menu bar, tool bar, composition, library dan effect view, kumpulan pallete, detail effect dan layer, serta timeline. Hal ini dikarenakan setiap fitur memiliki tugas yang berbeda-beda sesuai dengan keperluannya.

Elemen-elemen Desain dalam Motion Graphic yang Dapat Anda Pelajari

Secara umum, motion graphic dapat diartikan sebagai potongan dari beberapa desain berbasis media visual yang menggabungkan bahasa film guna menciptakan ilusi gerak. Tidak hanya itu, adapun berbagai elemen desain yang dapat anda pelajari sesuai keinginan dan konsep anda yaitu Desain 2D maupun 3D, animasi, video, ilustrasi, tipografi dan sebagainya. Motion graphic sendiri kini sudah terkenal dan dimanfaatkan oleh berbagai kalangan termasuk dalam dunia broadcast maupun perfilman.

Artikel Lainnya:

Kursus Animasi Motion Graphic

Tutorial Motion Graphic secara Mudah Wajib Anda Pelajari

Dalam membuat motion graphic, tentunya anda membutuhkan perangkat lunak salah satunya software Adobe After Effects. Perangkat ini pun telah banyak digunakan oleh para editing video professional, maupun yang masih pemula. Berikut tahapan-tahapan dalam proses membuat motion graphic diantaranya:

  1. Langkah pertama yaitu siapkan background dan objek yang ingin anda buat.
  2. Klik window lalu pilih animasi composer, jika belum ada anda harus menginstallnya terlebih dulu.
  3. Setelah itu terdapat tampilan window animasi composer yang mengharuskan anda mengatur tata letak sesuai kebutuhan. Mulai dari layer, 2d, 3d dan lain sebagainya.
  4. Pilih layer dan objek yang ingin dibuat, kemudian arahkan preset pada kotak tampilan dari plays in dan plays out.
  5. Selanjutnya atur kecepatan gerak mulai di in dan out dengan menggeser ke kanan maupun ke kiri windows bagian bawah.
  6. Atur ukuran gambar dari tampilan menggunakan fitur effect control.
  7. Jika anda ingin menambahkan warna, gunakan berbagai efek dalam software after effect

Kini anda telah mengetahui Tutorial Membuat Motion Graphic menggunakan after effect. Jika anda mau mengikuti Pelatihan Motion Graphic yang digelar oleh Flashcom Indonesia, dapat menghubungi langsung layanan pelanggan kami melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.