Sharing is caring!

Membuat Denah di Autocad

Membuat desain rumah impian salah satunya dengan belajar membuat denah di autocad sangat dicari oleh banyak orang. Anda pun bisa mempelajarinya dengan software autocad sebagai alat membuat gambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang sering digunakan oleh insinyur civil, arsitek, interior designer dan lain sebagainya. Adapun beberapa langkah yang harus anda pahami terlebih dulu untuk membuat desain dan denah rumah impian anda nantinya.

Langkah-langkah Membuat Denah di Autocad untuk Pemula

  1. Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah menentukan satuan ukuran yang akan dipakai untuk skala denah yang ingin di buat. Caranya dengan membuka software autocad, > start drawing > units > enter. Kemudian akan muncul jendeja dengan satuan yang akan digunakan, misalnya satuan meter dengan tingkat presisi di 0.000 dan klik OK.
  2. Selanjutnya buat garis dan denah utama dengan ketik perintah “line” pada keyboard lalu enter. Setelah itu anda bisa mulai dengan menarik gambar dengan cara klik pada mouse sambil tekan f8 agar garis tegak lurus. Jika ingin memperbesar, dapat dengan menggeser scroll keatas pada keyboard.
  3. Langkah ketika membuat pintu dengan cara yang sama yaitu perintah “line” dimensi yang dipakai 0.15 m 6Χ 0.1 m. Setelah menjadi gambar kotak, silahkan Anda blok dan ketikkan perintah “GROUP”. Buatlah garis pada pojok kanan bawah sepanjang 0.8 m. Lalu klik kotak tersebut dan ketik perintah “MIRROR” pada keyboard.
  4. Sorotlah titik tengah garis yang telah dibuat dan tarik secara horizontal lalu klik No. Maka otomatis muncul kotak kedua disebelahnya. Lalu buat lagi dengan perintah line, dimensinya 0.1 m X 0.8 m, lalu blok dan GROUP.
  5. Selanjutnya, pilih menu Arc > Center > Start > End, dalam menu arc ini anda bisa membuat sebuah garis melengkung. Ikutilah setiap sudut seperti gambar dan klik setiap sudutnya sesuai dengan tahapan yang telah ditandai dengan angka. Untuk memindahkan pintu sesuai pada tempat, pilih objeknya lalu masukkan perintah move.

Baca Juga ya:

Tutorial Dasar Belajar Desain Rumah 3D menggunakan Software Autocad

Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat denah di autocad. Pastikan anda mengambil sudut yang tepat agar saat pemindahan dan penempatan posisinya akan tepat. Setelah itu anda bisa berkreasi lebih dalam membuat denah dan menciptakan desain rumah impian dengan Autocad.

Our Profile 

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.