fbpx

Sharing is caring!

Kursus Drupal

Bagi Anda pengembang website, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Drupal. Sebelum memahami dasar-dasar terminologi Drupal, penting bagi kita untuk memahami pengertiannya terlebih dahulu. Semua informasi dan panduan dasar ini akan lebih lengkap dan mudah dipahami jika Anda mengikuti Kursus Drupal yang sangat bermanfaat.

Drupal merupakan sistem pengelolaan konten open source yang sering digunakan web developer dengan penulisan PHP. Sistem yang dibuat oleh mahasiswa Belgia di awal tahun 2000 ini sudah digunakan pada beberapa website paling menonjol di internet, seperti Weather.com, WhiteHouse.gov dan lain sebagainya. Drupal merupakan saingan berat CMS, seperti Joomla dan WordPress.

Artikel Terkait:

Kursus Desain Website

Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang membandingkan antara Drupal dengan WordPress yang sama-sama populer saat ini. Untuk bisa memahami perbedaannya, Anda harus menyimak fungsi, fleksibilitas, keamanan, kemudahan penggunaan, dan tarif keduanya. Dasar-dasar terminologi Drupal ini mungkin akan membantu Anda untuk memahami perbedaanya dengan mudah.

Memahami Dasar-Dasar Terminologi Drupal dengan Kursus Drupal di Flashcom

Drupal memiliki lima dasar terminologi yang harus Anda ketahui sebelum menggunakannya. Diantaranya sebagai berikut:

Pertama

Node atau Content Type, Node merupakan sebuah istilah umum yang digunakan pada konten website dan setiap node memiliki content type.

Kedua

Comment atau Komentar merupakan jenis konten lain yang bisa anda sematkan pada website jika anda telah mengaktifkan modul inti comment.

Ketiga

User, Permission dan Rule, Setiap pengguna memiliki ID user numerik, nama pengguna dan alamat email. Untuk itu, Anda harus membuat role terlebih dahulu agar diizinkan untuk peran tersebut. Sedangkan, permission di Drupal sebenarnya cukup fleksibel.

Keempat

Taxonomy yang merupakan sebuah sistem untuk mengklarifikasikan konten dan diterapkan dalam modul inti Taxonomy.

Kelima

Terakhir atau kelima adalah Modul yang merupakan kode atau software yang mencakup fitur atau fungsionalitas Drupal. Setelah mengunduhnya, Anda akan mendapatkan modul inti yang memungkinkan Anda mengaktifkan fungsinya tanpa menginstall software tambahan.

Bagaimana? Masih bingung saat mempelajari Drupal untuk pengembangan website Anda? Tidak perlu cemas dan khawatir karena Anda bisa bergabung dengan Kursus Drupal di Flashcom Indonesia. Layanan pelanggan dapat dihubungi melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp. Anda bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan customer service Fast Response and Service Excellent. Melalui pelatihan ini, anda bisa belajar menyesuaikan kebutuhan, dari pemula (basic) hingga tahap lanjut (advance) sekaligus. Apalagi jadwal dan tempat kursus fleksibel, dan trainer dari kalangan praktisi & akademis profesional.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.