Sharing is caring!

Karakteristik Java Programming

Java ialah sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek dan dijalankan pada segala jenis sistem operasi. Sebab perkembangannya ini memiliki fokus pada segala macam jenis sistem operasi yang bersifat open source, Java juga merupakan Development Environment tools yakni: Compiler, Interpreter, Penyusun dokumentasi dan sebagainya. Java juga sebagai aplikasi serba guna yang dapat dijalankan pada semua mesin yang memiliki Java Runtime  Environment. Didalamnya terdapat banyak bahasa sintaksis seperti C dan C++, namun dengan model objek sederhana ini mendapatkan dukungan rutin yang minimal. Perlu kalian ketahui bahwa beberapa karakteristik Java Programming, apa sajakah itu? Berikut diantaranya,

Sederhana (Simple)

Bahasa yang digunakannya telah diperbaiki dengan menghilangkan penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance, sehingga akan mudah dipahaminya.

Berorientasi objek (Object Oriented)

Java menggunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali.

Terdistribusi (Distributed)

Java dapat digunakan sebagai aplikasi terdistribusi yang mudah dengan adanya libraries networking

Interpreted

Program java dijalankan dengan interpreter yakni Java Virtual Machine (JVM). Hal ini menyebabkan source code Java yang telah dikompilasi menjadi Java bytecodes, sehingga dapat dijalankan pada platform yang berbeda-beda.

Baca Juga:

Mahir Bahasa Pemrograman dengan Kursus Java Programming Surabaya

Secure

Sebagai bahasa pemrograman pada internet dan terdistribusi. Selain itu terdapat beberapa mekanisme keamanan didalamnya untuk menjaga aplikasi tersebut dari gangguan sistem komputer.

Portable

Source code maupun program Java dapat dengan mudah dibawa ke platform yang berbeda-beda tanpa harus dikompilasi ulang.

Performance

Performance Java dapat ditingkatkan menggunakan kompilasi Java lain seperti buatan Inprise, Microsoft ataupun Symantec yang menggunakan Just In Time Compilers (JIT).

Multithreaded

Java memiliki kemampuan dalam membuat sebuah program dengan beberapa pekerjaan secara bersamaan dan simultan.

Dynamic

Java dijalankan pada lingkungan yang dinamis, dengan adanya perubahan pada suatu class. Anda dapat  menambahkan properties ataupun method didalamnya tanpa mengganggu program class tersebut. Itulah beberapa karakteristik Java yang perlu kalian ketahui dalam Java Programming

Our Profile 

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.