IT training provider DAFTAR ONLINE

Seiring dengan berkembangnya Zaman, teknologi sudah semakin canggih dan banyaknya film animasi yang bermunculan mulai dari indonesia hingga luar negeri. Animasi berasal dari bahasa latin yaitu Anima yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter di dalamnya adalah orang, hewan dan objek nyata lainnya yang di bentuk gambar 2D maupun 3D. Sehingga animasi tersebut terlihat seolah-olah hidup, dan objek dalam gambar dapat berupa tulisan, bentuk , warna dan special efek. Namun tahukah kamu bahwa ada banyak sekali jenis-jenis animasi didalamnya? berikut diantaranya.

Animasi 2 Dimensi

Jenis animasi ini biasa disebut dengan film kartun, kartun sendiri berasal dari kata Cartoon yang berarti gambar lucu. Contohnya film shinchan, tom and jerry dan sebagainya.

Animasi 3 Dimensi

pada jenis ini merupakan pengembangan dari animasi 2 dimensi, dengan berkembangnya teknologi jenis ini membuat karakter terlihat hidup dan nyata yang mendekati wujud aslinya.

Animasi Stop-motion

Dalam proses atau teknik yang digunakan menjadikan objek statik jadi bergerak. Untuk pengambilan gambar objeknya digerakkan satu persatu dengan tanah liat sebagai objeknya.

Animasi Cell

Animasi Cell merupakan animasi tertua dengan bentuk yang paling populer. Cel berasal dari kagta celluloid yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada awal peluncuran animasi.

Baca Artikel Menarik Lainnya: Beberapa Hal Penting untuk Menciptakan Rancangan Animasi yang Efektif

Animasi Frame

Merupakan animasi yang paling sederhana dan diperolah dari rangkaian gambar yang ditampilkan secara bergantian, hal ini diukur dalam satuan FPS (Frame per second).

Animasi Sprite

Dalam animasi sprite, objek bergerak secara individual dan objek lainnya sebagai background yang tidak bergerak.

Animasi Path

yaitu animasi dari objek mengikuti garis lintasan yang telah ditentukan, dan biasanya animasi path diberi perulangan animasi yang akan terus berulang.

Animasi Morphing

Morphing merupakan animasi mengubah satu bentuk menjadi bentuk lainnya dengan memperlihatkan satu rangkaian frame untuk menciptakan gerakan halus dari bentuk pertama, dan mengubah dirinya kebentuk lain dengan teknik tweening shape.

Nah, itulah beberapa contoh jenis-jenis animasi yang semakin berkembang dengan cepat. karena Animasi bisa dijadikan sebagai sarana promosi, dunia pendidikan dan sebagainya yang dapat menarik perhatian masyarakat.

Semoga bermanfaat …..