fbpx

Sharing is caring!

Fungsi Vray pada Interior

Fungsi Vray pada Interior dalam program aplikasi pengolah gambar 3D dalam desain interior seperti Autocad, Sketchup, Archicad, dan masi banyak lagi. Tentu tidak akan lengkap apabila tidak disertai dengan proses rendering. Apa itu rendering?. Rendering adalah proses akhir dari sebuah gambar 3D yang akan mengubah citra visual grafik standart ke visual grafik yang realistis. Proses ini sering digunakan dalam bidang pengolah gambar Arsitektur dan animasi. Proses rendering tentu tidak lepas dari plugin tambahan yang di instal kedalam software 3D, seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Program tambahan atau plugin yang di instal yaitu Vray. yang merupakan mesinn render gambar 3D sehingga menjadi lebih realistis. Vray sudah banyak yang terintegrasi dengan program aplikasi 3D, seperti 3Ds MAX dengan Mental Ray, untuk program aplikasi 3D seperti Sketchup harus menginstalnya secara manual. Untuk Vray plugin 3D Manual anda bisa melihatnya disini.

Baca Juga:

Kursus Desain Interior Bersertifikat, Profesional dan Murah di Surabaya

Bagaimana cara menggunakan Vismat pada Vray. Salah satu hal yang mempengaruhi hasil render adalah material, dengan menggunakan setting material yang maksimal akan menghasilkan render yang baik dan terlihat nyata. Saat menggunakan Vray untuk pertama kali banyak yang mengerti mengenai setting material Vray, tapi dengan menggunakan Vismat adalah cara yang paling cepat. Karena pada Vismat sudah di setting beberapa hal, seperti Diffuse, Reflection, Refraction, Bump dan Displacement. Nah berikut cara menggunakan Vismat.

  • Klik Vray Material Editor (M), setelah itu akan muncul gambar seperti dibawah ini. Klik Scane Material lalu Klik Kanan dan pilih Load Material.
  • Setelah pilih Vismat dan pilih open
  • Kemudian material akan masuk pada Sketchup. Tapi tidak bisa langsung terbuka. Anda harus mengklik namanya lebih dahulu, dan terapkan pada model yang sudah anda buat dengan paint bucket (B). maka hasil akan seperti gambar di bawah ini.

Nah itu adalah cara menggunakan Vismat pada Vray Sketchup. Kesimpulannya adalah dengan menggunakan Vray akan membantu anda dalam render sehingga hasil gambar 3D anda akan semakin nampak real.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.