fbpx

Cara Rendering SketchUp

Dalam membuat desain bangunan, mengetahui Cara Rendering SketchUp yang mudah dan cepat juga diperlukan. Selain mudah dipahami oleh seorang pemula, hal ini berguna untuk menghasilkan render yang terlihat nyata dan rapi. Sebab jika Anda tidak memiliki ilmu dasar ini, maka hasil gambar yang diperoleh terlihat tidak jelas, tampak aneh dan kurang proporsional.

Tips Cara Rendering SketchUp yang Baik dan Benar untuk Pemula

Setiap designer, memiliki sebuah gaya dan selera masing-masing dalam gambar desainnya. Tak dapat dipungkiri pula saat mereka melakukan rendering dengan cara yang berbeda, hingga karakter yang dihasilkannya. Apabila Anda masih pemula atau baru memulainya, berikut beberapa langkah melakukan rendering dengan SketchUp yang benar dan tepat, diantaranya:

Cukup lakukan klik tombol WhatsApp yang ada pada situs ini, dan Anda dapat bertanya sepuasnya terkait Kursus Desain Interior bersama Customer Service kami.


  1. Langkah awal yang perlu anda lakukan adalah membuat modelling terlebih dulu sedetail mungkin, agar dapat menghasilkan gambar yang jelas hingga akhir tanpa berantakan.
  2. Dalam membuat sebuah model gambar, pastikan anda menyesuaikan kapasitas laptop atau komputer yang anda gunakan untuk mendesain.
  3. Kemudian atur setting render option untuk membuat gambar barter yang terlihat lebih real, serta mengatur pencahayaan baik intensitas, warna dan kelembutan cahaya. Jangan lupa, pastikan membuat settingan sesuai batas yang wajar.
  4. Selanjutnya atur nilai bump pada material model sesuai kebutuhan. Misalnya dalam merender rumah, bump yang perlu diatur yaitu karpet, bantal, lantai dan sebagainya.
  5. Jangan lupa, nilai reflection atau pemantulan cahaya pada benda. Caranya klik icon material pada vray, material list, create layer lalu pilih reflection.

Tidak hanya SketchUp, masih banyak pula Software Desain Interior yang perlu Anda pelajari untuk mewujudkan 3D concept visual. Untuk menambah wawasan Anda, berikut tips belajar desain interior dari salah satu Trainer Flashcom Indonesia yang perlu anda tonton.

Seorang desainer interior, merupakan pekerjaan yang harus dilakukan secara spesifik. Mulai dari penataan hal kecil dalam ruangan, bentuk furnitur dan lain sebagainya. Untuk membuat gambar yang baik, buatlah konsep desain sedemikian rupa baru dituangkan dalam gambar kerja, hal ini bisa menjadi acuan untuk mewujudkan bentuk nyata dari desain.

Membuat Berbagai Macam Desain menggunakan Software SketchUp

Tidak hanya desain bangunan, software sketchup juga bisamembuat berbagai macam desain lainnya seperti berikut ini. Simak uraiannya dibawah ini:

Nah, itulah beberapa tips dan trik yang perlu anda pahami dalam belajar interior Cara Rendering SketchUp. Jika anda ingin mengembangkannya secara maksimal, ikuti Kursus Desain Interior bersama Flashcom Indonesia. Di pandu langsung oleh Trainer dari kalangan praktisi dan akademis profesional, anda bisa membuat berbagai macam desain sesuai kebutuhan. Informasi pendaftaran, hubungi layanan pelanggan by Hotline 0-811-3380-114 atau WhatsApp 0857-3594-8460

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.