fbpx

Cara Menghitung Neraca

Kebanyakan orang hingga saat ini masih belum memahami dengan neraca, neraca sendiri merupakan sebuah laporan yang berisi serangkaian keuangan yang memang diwajibkan untuk melaporkan semua kekayaan yang dimiliki oleh sebuah bisnis. Untuk Cara Menghitung Neraca keuangan ini nantinya dapat memperlihatkan anda seberapa banyak jumlah harta serta kewajiban yang sekaligus memperlihatkan ekuitas dari pemilik usaha secara sistematis. Bahkan anda harus mengetahui terlebih dulu apa fungsi dan jenis-jenis dari neraca keuangan agar dapat menjadi pengetahuan awal dalam menghitung neraca.

Beberapa Point Penting Belajar Cara Menghitung Neraca Perlu Anda Ketahui

Fungsi Neraca Keuangan

  1. Neraca keuangan dapat dijadikan sebagai salah satu alat untuk melakukan analisis yang memiliki pengaruh perubahan keadaan keuangan dari tahun ke tahun.
  2. Tidak hanya itu, dapat pula menjadi salah satu alat yang bisa membantu anda menganalisis likuiditas serta solvabilitas pada sebuah bisnis. Dimana dengan analisa tersebut dapat menunjukkan seberapa kemampuan tersebut dalam melunasi hutang-hutangnya.

Baca Lainnya:

Cara Belajar Akuntansi Manufaktur Dasar Wajib Anda Pelajari

Jenis Neraca Keuangan

Neraca Keuangan pada hakikatnya hanya digunakan sebagai pencatatan harta kewajiban serta modal dalam sebuah perusahaan pada periode tertentu. Dalam hal ini dibagi menjadi dua jenis yaitu neraca staffel dikenal dengan bentuk penyusunannya berawal dari bawah, dan scrontro atau bentuk yang disusun dengan cara bersebelahan.

Isi Penghitungan Neraca Keuangan

  1. Aktiva atau harta merupakan semua kekayaan yang dimiliki oleh sebuah perusahaan yang berasal dari hasil transaksi maupun kegiatan di masa lalu. Hal ini diakui agar aktiva dari perusahaan tersebut dapat diukur dengan mata uang dan nantinya diisi dengan beraneka macam akun seperti piutang gas bangunan, persediaan tanah kendaraan dan lain sebagainya.
  2. Modal atau Ekuitas adalah seberapa besar hal yang dimiliki oleh perusahaan terhadap harta perusahaan, sebetulnya ekuitas hamper sama dengan selisih aktiva dengan kewajiban perusahaan.
  3. Liabilitas atau hutang merupakan kewajiban perusahaan kepada pihak ketiga yang wajib terselesaikan, sebab hutang dapat disebut dengan sumber dana yang didapatkan dari kreditur.

Dengan ini anda telah mengetahui banyak hal penting dalam Belajar Cara Menghitung Neraca dengan benar dan tepat. Baik dari segi fungsi, jenis maupun penghitungan dalam neraca. Apabila anda ingin memperdalam ilmu akuntansi dapat dengan mengikuti Pelatihan Akuntansi Excel yang digelar oleh Flashcom Indonesia, dengan panduan Trainer dari kalangan praktisi dan akademis professional. Jika berminat, silahkan menghubungi layanan pelanggan kami yang Fast Response and Service Excellent dapat melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460


100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.