fbpx

Cara Menghitung Invoice

Dalam dunia bisnis, invoice memang bukan lagi hal yang asing bahkan sering dijumpai oleh banyak orang. Namun hingga saat ini sebagian orang masih belum mengetahui bagaimana cara pembuatannya apalagi menghitungnya. Cara Menghitung Invoice tidaklah boleh asal-asalan, sebab merupakan sebuah surat tagihan yang dibuat oleh penjual untuk diberikan kepada pembeli. Apalagi isinya pun harus sesuai dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Namun secara umum isinya berupa rincian barang, merk dan dilengkapi dengan harganya.

Beberapa Hal Perlu Diperhatikan dalam Cara Menghitung Invoice yang Benar

Pada dasarnya membuat invoice untuk menginfokan jenis barang secara lengkap, mulai dari nominal yang harus dibayarkan serta sistem pembayaran yang bisa digunakan. Selain itu, jika barang yang dibeli tersebut akan dijual kembali pada orang lain maka dapat menggunakannya sebagai bukti. Perhatikan hal-hal berikut dalam membuat Invoice, yaitu:

  1. Nomer Invoice merupakan salah satu hal paling penting yang patut dicantumkan didalamnya, sebab nomor tersebut merupakan no. urut yang dicantukan setiap kali melakukan transaksi.
  2. Selain nomor, yang tak kalah penting dalam pembuatannya yaitu mencantumkan tanggal kapan dan dimana terjadi PO dan batas maksimal pembayaran invoice.
  3. Selanjutnya adalah tujuan invoice yaitu alamat lengkap dan jelas dari perusahaan atau orang yang mendapatkan invoice tersebut.
  4. Info pembayaran dan Detail invoice penagihan agar orang lebih cepat membayar yang biasanya tercantum info seperti nomer dan nama rekening. Selain itu isi atau detailnya meliputi barang yang dibeli, harga satuan, total, kuantitas dan lain sebagainya.

Artikel Lainnya:

Pentingnya Mengikuti Kursus Admin Perkantoran Serta Prospek Kerja Anda Dapatkan

Nah, itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam Cara Menghitung Invoice yang benar dan tidak asal-asalan. Sebab informasi dalam pembuatannya harus sesuai dengan data yang valid dan diharapkan dapat dibuat dengan singkat dan mudah dipahami. Jika anda ingin belajar langsung dengan Ahlinya, bisa dengan mengikuti Pelatihan Administrasi Perkantoran yang diselenggarakan oleh Flashcom Indonesia, Layanan pelanggan kami yang Fast Response and Service Excellent melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460


100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.