fbpx

Cara Menggunakan Tools Android Studio

Tahukah Anda bagaimana Cara Menggunakan Tools Android Studio? Android Studio merupakan IDE (Integrated Development Environment) yang didukung secara penuh oleh Google dan dikembangkan oleh Intellij untuk dijadikan tools utama developer dalam membuat Aplikasi Android. Android Studio dengan versi terbarunya memiliki cukup banyak fungsi dan performa yang kian baik dari sebelumnya.  Penasaran dengan tools ini dan cara penggunaannya?

Belajar membuat Aplikasi Android dengan Cara Menggunakan Tools Android Studio

Sebenarnya cukup banyak tools yang digunakan untuk membuat aplikasi Android, namun kenapa harus Android Studio? Ya, hal ini karena tools satu ini punya banyak fitur yang memudahkan para programmer pemula untuk belajar tentang Android lebih dalam.

Memang dalam penggunaannya, tools satu ini menghabiskan banyak RAM, namun hal ini bisa dikesampingkan karena beberapa kelebihan khusus didalamnya mulai dari Instant Run, adanya emulator yang kaya fitur dan cukup cepat, memiliki sistem versi yang cukup fleksibel, mampu digunakan untuk semua perangkat Android, Integrasi Cloud dan Firebase, sengaja didesain untuk tim, serta memberikan efektivitas lebih dalam pembuatan aplikasi.


Artikel Lainnya:

Cara Membuat Game Dengan Android Studio Melalui Coding untuk Pemula

Cara Menggunakan Tools Android Studio dengan Mudah dan Cepat

Bagi Anda yang awam dan ingin mencoba menggunakan tools satu ini, pastinya diperlukan pengetahuan khusus terkait cara menggunakan tools Android Studio. Nah, tidak usah risau karena disini akan Kami jelaskan cara menggunakan tools Android Studio bagi para pemula:

  1. Gunakan Colors.xml

Dengan menggunakan Colors.xml yang terdapat pada folder Values Anda dapat mengedit wrna sesuai pilihan pada aplikasi Android yang Anda buat. Untuk kodenya Anda bisa mencari di internet, caranya yaitu:

  • Klik Colors.xml
  • Edit pada kode-kode yang tertera
  • Buka Activity_main.xml lalu tambahkan kodenya lagi
  1. Gunakan Strings.xml

Gunanya adalah menampilkan teks yang akan dimasukan pada aplikasi Android, caranya yaitu:

  • Klik strings.xml pada values
  • Tambahkan kodenya
  • Edit TextView pada Activity_main.xml maka akan muncul hasilnya.
  1. Gunakan dan pelajari seseringnya Shortcut di Android Studio

Cara ini dinilai bisa mempercepat dalam pembuatan aplikasi sehingga Anda tidak perlu me redname banyak ID yang sama di class java,xml dan sebagainya secara satu per satu melainkan dengan meredname nya secara masal, yaitu:

  • menggunakan Shift+F6.
  • Dalam coding Anda bisa menggunakan Control+Shift+Spasi untuk Smart Completion dan Basic Completion menggunakan Control+Spasi.
  • Untuk merapikan strukturnya gunakan Reformat Code dengan tekan tombol Control+ALT+L pada keyboard maka otomatis struktur coding akan rapi dengan sendirinya.
  • Untuk pencarian apapun di Android Studio klik Shift 2x pada Search Everywhere.
  1. Instal KeyPromoter Plugin pada Android Studio

Kegunaan dari KeyPromoter Plugin ini adalah memberi rekomendasi pada Android Developer dalam pembuatan shortcut. Dengan mengklik action yang sama pada Android Studio maka Plugin ini akan berjalan. Cara menginstalnya yaitu dengan:

  • Klik menu File – Settings – Plugin
  • Klik Install JetBrains Plugin
  • Carilah KeyPromoter kemudian klik instal

Simple sekali bukan cara menggunakan tools Android Studio? Hafalkan rumus-rumusnya agar Anda dapat secara cepat cara menggunakan tools Android Studio. Selain itu imbangi dengan mempelajarinya secara berkelanjutan agar Anda semakin mahir menguasainya, dengan cara mengikuti pelatihan android programming bersama Flashcom Indonesia. Anda akan dipandu langsung oleh Trainer dari kalangan praktisi dan akademis professional. Layanan pelanggan kami yang Fast Response and Service Excellent dapat dihubungi melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.