fbpx

Pelatihan Visual Basic

Mau menjadi programmer handal, salah satunya dengan menguasai bahasa pemrograman visual basic? ikutilah Pelatihan Visual Basic yang diselenggarakan oleh Flashcom Indonesia. Anda bisa belajar dari nol ataupun dasar secara mendetail hingga sesuai kebutuhan, baik dalam pembuatan aplikasi dekstop hingga web sekaligus. Sebelum itu, ada baiknya anda mengetahui teori-teori dasar dan poin penting lainnya dalam pemrograman berikut ini.

Belajar Visual Basic dari Dasar hingga Advance bersama Flashcom Indonesia

Visual basic merupakan bahasa pemrograman yang bersifat even driven atau menunggu adanya tanggapan dari user. Adapun definisi lain yang mengartikan bahwa VB (visual basic) berupa perintah atau instruksi komputer untuk menjalankan tugas tertentu sesuai IDE atau Integrated Development Environment. Terutama dalam pembuatan program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft windows dan lainnya.

Banyak programmer diluar sana menggunakan bahasa pemrograman visual basic dalam pembuatan program sederhana yang sifatnya kompleks hingga rumit. Contohnya yaitu aplikasi kasir toko, perpustakaan dan lain sebagainya yang bisa dijalankan secara langsung. Hal tersebut bisa anda peroleh dengan mengikuti Kursus Visual Basic bersama Flashcom yang dipandu langsung oleh Ahlinya. Informasi selengkapnya bisa hubungi layanan pelanggan by WhatsApp atau Hotline 0-811-3380-114.


Teori Dasar Pengetahuan Visual Basic yang Perlu Anda Pahami

Ada beberapa materi yang pada umumnya perlu anda pelajari untuk menguasai bahasa pemrograman visual basic, mulai dari variabel, logika dan pengulangan. Selanjutnya anda baru bisa mengakses dan memanipulasi data menggunakan SQL, windows form, property dan juga event. Dilanjutkan dengan materi cara menghubungkan database dengan ADO, pembuatan laporan dengan data dan crystal report.

Artikel Terkait:

Kursus Web Programming

Beberapa teori dasar yang telah disebutkan tidak perlu anda kuasai secara menyeluruh. Karena jika anda memilih Kursus Komputer di Flashcom Indonesia, materi yang disajikan bisa menyesuaikan konsep yang dibutuhkan setiap peserta dan dijelaskan secara menyeluruh dan full praktik sehingga akan lebih mudah dipahami. Dengan begitu pembelajaran lebih efektif dan efisien untuk pembuatan program yang kita inginkan.

Pengenalan Jenis File yang Berbeda-beda pada Project dalam Pelatihan Visual Basic

Ketika anda memulai sebuah project visual basic, terdapat beberapa jenis file yang akan saling berkaitan satu dengan yang lainnya. Namun setiap file memiliki informasi yang berbeda, seperti form, modul dan sebagainya. Berikut uraiannya:

  1. File Project, memiliki fungsi menyimpan informasi yang berkaitan dengan project yang digunakan nantinya. Formatnya yaitu .vbp
  2. Modul, yaitu menyimpan rutinitas setiap program. Beberapa diantaranya berhubungan dengan form serta modul yang menyimpan fungsi dan prosedur .bas
  3. Form menggunakan .frm untuk menyimpan informasi tentang form yang telah dibuat programmer.
  4. Resource dengan .res berfungsi menyimpan info icon yang berhubungan dengan modul
  5. Terakhir yaitu file activeX control atau .ocx untuk menambahkan icon pada toolbax yang awalnya masih standar.

Nah itulah ringkasan teori dasar dan disertai pengenalan jenis file dalam pembuatan suatu project untuk menguasai bahasa pemrograman VB. Jika dirasa anda kesulitan dan membutuhkan bimbingan langsung dengan Ahlinya dalam pembuatan suatu program aplikasi. Silahkan daftar Kursus Visual Basic yang diselenggarakan oleh Flashcom Indonesia dengan klik menu daftar dibawah ini.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.