fbpx

Sharing is caring!

Kursus Lumion

Buat anda yang berkecimpung di dunia arsitektur, tentu mengenali software Lumion yang menjadi favorit para desainer guna menghasilkan rancangan desain dan presentasi lebih menarik. Untuk menguasai penggunaannya, anda bisa mengikuti Kursus Lumion dengan materi lengkap yang dibimbing oleh Trainer Profesional dibidangnya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Mengenal Lumion beserta Keunggulannya dalam Belajar Desain Arsitektur

Lumion, merupakan salah satu software desain yang bisa digunakan membuat desain skenario 3D dengan real time rendering berkualitas tinggi. Selain itu, anda bisa membuat 2D rendering dalam waktu cepat. Meski bukan untuk menggambar, melainkan sebagai pendukung rendering. Adapun software lain seperti AutoCAD, SketchUp dan lainnya.

Beberapa keunggulan yang dimiliki Lumion sehingga menarik digunakan yaitu, memiliki beragam efek seperti manusia, tanaman, hewan dan lain sebagainya. Bisa menghemat waktu tanpa melakukan retouching dengan photoshop, kemudian terdapat plugin tanaman 3D, manusia 2D dan 3D, hewan, interior, outdoor dan sebagainya.

Beberapa Komponen yang dimiliki Lumion Perlu Anda Ketahui

Environment

Lumion memiliki beberapa setting atau latar yang disajikan secara default. Mulai dari latar suasana pagi, siang, malam, pegunungan, kutub, pantai, gurun pasir dan lain sebagainya. Untuk default latar tersebut bisa diganti-ganti sesuai dengan keinginan anda.

Setting Environment

Software ini memiliki fitur pengaturan cuaca yang terdiri dari intensitas cahaya matahari. Fitur Landscape untuk mengatur elevasi dan air, serta object yang terdiri dari indoor dan outdoor.

Artikel Terkait:

Kursus Desain Interior

Pemberian Material

Setelah anda melakukan setting environment, langkah selanjutnya yaitu import data 3D dari software pendukung desain arsitektur atau interior, diantaranya yaitu AutoCAD, 3Ds Max dan SketchUp.

Output Gambar atau Animasi

Data terakhir hasil keluaran dari software Lumion bisa berupa renderan gambar dengan format BMP ataupun berupa dalam animasi dengan format MP4.

Tutorial belajar Membuat Project Menggunakan Lumion untuk Pemula

Berikut ini akan dijelaskan tentang langkah-langkah membuat project menggunakan lumion dan software pendukungnya SketchUp.

  1. Siapkan model desain menggunakan sketchup dan import lumion. Letakkan object diantara garis biru, hijau dan merah agar tidak terpancar jauh dari titik nol.
  2. Tambahkan jenis material setiap object untuk memudahkan pengeditan, pastikan menggunakan satu nama yang sama.
  3. Simpan file sketchup dengan format skp lalu buka Lumion dengan tampilan beragam template scene.
  4. Jika laptop anda lemot, kurangi kualitas dengan setting editor quality, kemudian pilih template scene yang menarik lalu import gambar.
  5. Carilah file sketchup sebelumnya, beri nama sesuai kebutuhan. Letakkan object pada tempat yang sesuai keinginan anda.
  6. Apabila object terlihat kaku, gunakan tools move, scale, rotate dan change height dengan syarat semua tools berpusat pada titik nol.

Bagaimana tutorial membuat project Lumion? Menarik bukan? Pastikan save semua pekerjaan jika sudah selesai dengan pilih save scene dan klik centang. Jika ingin belajar secara detail dengan Kursus Lumion yang digelar oleh Flashcom Indonesia. Tunggu apalagi, hubungi layanan pelanggan by WhatsApp atau Hotline 0-811-3380-114

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.