fbpx

Sharing is caring!

Kursus Desain Arsitektur

Untuk mendapatkan rumah impian, kita harus tahu berbagai prinsip desain arsitektur. Namun, hal tersebut tidaklah mudah karena hanya tenaga profesional dari arsitektur yang dapat mewujudkan rumah impian Anda. Apabila Anda tertarik dengan bidang ini, Anda bisa mengikuti Kursus Desain Arsitektur terlebih dahulu baru kemudian bisa mendesain rumah dengan lebih tepat dengan skill yang telah anda peroleh nantinya.

Prinsip-Prinsip Desain Arsitektur dalam Pelatihan Desain Arsitektur untuk Pemula

Proporsi

Prinsip yang pertama adalah proporsi. Kesesuaian dimensi dari elemen arsitektur dengan lingkungan sekitar, fungsi dan aspek arsitektural lain, seperti posisi, lokasi dan dimensi juga harus diperhatikan. Agar lebih mudah, anda bisa mengikuti standar umum yang sudah ditentukan. Dengan ini, proporsi akan terlihat lebih estetis.

Komposisi atau Sequence

Dalam desain arsitektur, komposisi menjadi bagian penting untuk menata setiap elemen secara keseluruhan agar lebih nyaman. Umumnya, setiap ruang terbari menjadi tiga fungsi zona, yaitu service, private dan public. Ketiganya memiliki komposisi yang berbeda sehingga Anda harus menyesuaikannya juga dengan fungsi ruangan tersebut.

Baca Juga:

Kursus Desain Interior

Keseimbangan

Untuk mendapatkan desain arsitektur yang baik, maka harus seimbang atau balance. Keseimbangan terbagi menjadi dua, yaitu simetris dan asimetris. Keseimbangan simetris bisa dilakukan cukup mudah dengan garis tengah sebagai patokannya. Sedangkan, untuk asimetris, Anda harus lebih berhati-hati karena penataannya. Untuk itu, Anda bisa mengikuti kursus desain arsitektur untuk lebih memahaminya.

Point of Interest atau Contrast

Prinsip ini sering disebut focal point dimana Anda harus membuat sebuah elemen kontras untuk menjadi perhatian utama dalam ruangan tersebut, baik interior maupun arsitektural. Misalnya saja, Anda menempatkan sofa dengan warna kontras di ruang tamu dengan gaya simpel dan soft, maka sofa akan menjadi pusat perhatian ketika masuk ke ruang tamu.

Kesatuan Desain

Seperti yang diketahui, banyak eleman arsitektural dan interior yang bisa digunakan untuk membuat desan lebih menarik. Namun, setiap elemen yang ada harus terlihat harmonis agar menjadi satu kesatuan dalam arsitektur. Keserasian bisa diberikan dengan penggunaan bentuk, warna, material, gaya ataupun pola.

Selain kelima prinsip ini, masih banyak hal lain yang harus dipelajari seputar desain arsitektur. Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan mengasah keterampilan dalam bidang ini dengan mengikuti Kursus Desain Arsitektur bersama Flashcom Indonesia. Segera hubungi layanan pelanggan Flashcom melalui Hotline 0-811-3380-114 atau WhatsApp

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.