fbpx

Sharing is caring!

Kursus Database

Database atau basis data merupakan sebuah kumpulan tabel data atau program yang saling berhubungan dan memungkinkan pengguna dapat mengakses serta memanipulasinya. Setiap sistem tentu memiliki unsur atau komponen yang menjadikan sistem itu berjalan. Sebelum anda mempelajari lebih jauh dengan Kursus Database, ada baiknya mengetahui komponen-komponen utama yang dimilikinya.

Komponen Utama Database yang Penting untuk Anda Ketahui dalam Pelatihan Database

Jika anda ingin menyimpan sebuah informasi, maka gunakan database. Karenan basis data merupakan objek yang tidak dapat bergerak sendiri dan membutuhkan sebuah program untuk mengelolanya. Dengan begitu, akan mampu menghasilkan sebuah sistem. Namun anda perlu tau 6 komponen utama dalam database sebelum mencoba buat sebuah program, yaitu:

Hardware atau Perangkat Keras

Sistem basis data tentu membutuhkan perangkat keras agar dapat berjalan. Hal ini biasanya terdapat dalam sebuah sistem seperti komputer, hard disk, memory, perangkat komunikasi jaringan dan lain sebagainya.

Sistem Operasi

Sebuah program yang dirancang guna mengaktifkan sistem komputer serta mengendalikan sumber daya didalamnya termasuk  operasi dasar komputer seperti windows, unix dan linux.

Basis Data

Sekumpulan data yang telah terorganisir dengan baik sehingga data mudah disimpan, akses dan manipulasi dan masing-masing merupakan bagian dari sebuah sistem.

Management System Database

Selanjutnya merupakan program aplikasi khusus yang dirancang untuk membuat serta mengelola database yang tersedia. Didalamnya memiliki sebuah sistem yang terdapat koleksi data dan set program yang digunakan untuk mengakses database. Contohnya MySQL, Oracle, MS Access dan lain-lain.

Artikel Terkait:

Kursus Web Programming

User

Pengguna atau user menjadi salah satu komponen utama yang berinteraksi secara langsung dengan database. Namun ada pula beberapa tipe user perlu anda ketahui, diantaranya programmer aplikasi, casual, end, hingga specialized.

Perangkat Tambahan

Komponen terakhir, tergantung dengan kebutuhan anda. Pengguna basis data bisa membuat program khusus dalam melakukan pengisian, pengubahan atau pengambilan data yang mudah dalam pemakaiannya. Program tersebut dibuat menggunakan aplikasi seperti visual basic.

Itulah beberapa komponen utama yang dimiliki sebuah database, jika anda ingin membuat sebuah program atau aplikasi maupun sistem basis data. Segera mengikuti Kursus Database yang diselenggarakan oleh Flashcom Indonesia. Dengan Rp. 250,000 anda sudah dapat belajar sesuai dengan kebutuhan secara private dan jadwal yang fleksibel. Informasi lebih lanjut, hubungi layanan pelanggan by Hotline 0-811-3380-114 atau WhatsApp

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.