fbpx

Sharing is caring!

WordPress vs Joomla

Apa anda ingin membuat website tapi anda bingung memilih CMS, saya akan membantu anda memilih CMS antara WordPress vs Joomla. Kita bicara wordpress dulu, meski wordpress saat ini menjadi CMS yang paling banyak digunakan dalam dunia website dengan presentase 23% website yang ada di internet menggunakan wordpress, namun wordpress bukanlah satu-satunya CMS yang ada. Kali ini kita akan membahas wordpress vs Joomla, yang mungkin  menjadi rujukan bagi anda dalam memilih CMS yang tepat untuk digunakan sesuai keperluan anda.

Artikel Terkait:

Inilah Plugin WordPress Terbaik yang Wajib Ada di Website Anda beserta Daftarnya

Dari segi penggunaan (User Friendly)

Pada umumnya pemilik website di internet adalah bukan web developer, designer atau programer. Dalam keilmuan yang masi kurang dan keinginan membuat website sehingga tingkat kemudahaan dalam penggunaan CMS faktor utama untuk menentukan CMS yang akan digunakan.

  • WordPress – WordPress sekarang hadir dengan kemudahan instalasi dan hanya membutuhkan beberapa menit untuk instalasinya. Beberapa web hosting seperti NiagaHoster telah menyediakan auto installer untuk wordpress. Hal ini sangat memudahkan para user untuk segera memulai website yang telah dibuat. WordPress juga memiliki interface yang lebih baik dibandingkan dengan joomlauntuk urusan back end (Admin area) Sehingga memudahkan bagi para pengguna untuk membuat menu, posting artikel dan bahkan melakukan beberapa perubahan pada thema atau tampilan
  • Joomla – Instalasi CMS joomla tidak semudah wordpress namun secara umum tahapannya hampir sama seperti instalasi wordpress. Setelah proses instalasi selesai, pada halaman back end terlihat tidak semudah wordpress. Halaman joomla memiliki banyak menu dan harus melakukan beberapa klik untuk melakukan perubahan atau kustomisasi. Para penggermar CMS joomla berpendapat justru hal seperti itu menjadikan joomla lebih powerfull di banding dengan wrodpress. Namun bagi pemula hal ini akan menjadi maslah yang serius untuk proses pembuatan website.

Di atas pemaparan dari segi User Friendly, kalau kita mudah dalam pengguanaan jelas untuk pengembangan website baik dari thema dan hal lainnya akan terasa mudah. Semua tergantung dari kebutuhan dan kegunaan website yang akan anda buat.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.