fbpx

Dampak Buruk Kecanduan Game MOBA

Saat ini game MOBA menjadi permainan paling favorit di kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Contohnya game Mobile Legends, arena AOV dan sebagainya. Namun tahukah kamu, Wajib Hindari Inilah 10 Dampak Buruk Kecanduan Game MOBA. Simak ulasan berikut:

Lupa Waktu

Kamu akan menjadi seseorang yang lupa waktu ketika sudah memulai permainan. Memang tidak akan terasa jika sudah kecanduan game moba, sebab durasinya cukup lama sekitar 15-30 menit dalam menyelesaikan satu kali pertandingan. Terlebih lagi jika sudah seru-serunya hingga membuatmu tidak ingin berhenti memainkannya.

Kurang Istirahat

Dalam sebuah kehidupan, tentunya membutuhkan waktu untuk istirhat. Bagaimana jadinya jika hidup mu kurang beristirahat? Pastinya membuat tubuh menjadi cepat lelah dan mudah sakit. Kamu nggak mau kan jika sampai jatuh sakit? Maka dari itu, kamu harus pandai-pandai mengatur waktu dalam beraktivitas.


Merusak Mata

Tidak hanya mengurangi waktu istirahat, kecanduan game moba pun dapat merusak mata lho! Sebab mata akan kelelahan dan menjadi sakit karena kurangnya waktu istirahat. Bahkan lebih parahnya lagi, mata bisa menjadi minus dan membuat penglihatanmu menjadi kurang fokus.

Menjadi Arogan

Kecanduan game moba juga memiliki pengaruh pada emosional seseorang. Pasalnya ketika kamu bermain game, tingkat emosional menjadi tinggi. Terlebih lagi jika obrolan pada game dengan kata-kata yang kurang sopan, semua itu sangat berpengaruh sekali dalam kehidupan normal.

Baca artikel lainnya:

Ingin Buat Game Android yang Unik dan Menarik? Ikuti Kursus Game Android Surabaya

Kurang Bersosialisasi

Jika kamu sudah lagi asyik main game, tentunya akan kurang bersosialisasi pada lingkungan sekitar. Padahal manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang harus berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Dampak ini sangatlah tidak baik, terutama buat anak-anak yang mengalami masa-masa dimana mereka harus menemukan jati dirinya.

Baterai Cepat Rusak

Sering nya kamu bermain game bahkan sampai kecanduan, tentunya dapat cepat merusak baterai smartphone. Memang dampak nya tidak akan sangat terasa, namun smartphonemu akan terus menerus di charger. Lebih parahnya lagi jika smartphone tersebut cepat panas bahkan bisa sampai meledak. Pasti kamu nggak mau kan?

Obesitas

Obesitas merupakan salah satu dampak buruk jika kecanduan game moba. Kenapa bisa begitu? Sebab kamu akan melupakan waktu untuk berolahraga. Terlebih lagi, jika kamu senang sekali mengonsumsi makanan yang kurang sehat sebagai pendamping waktu bermain MOBA.

Memiliki Gangguan Mental

Memiliki gangguan mental akan dialami oleh para pecandu game moba, khususnya anak-anak. Dalam masa pertumbuhan, mereka akan merasa sulit untuk berinteraksi dengan temannya diluar sana. Tidak hanya itu, mereka juga akan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas untuk mengekspresikan keadaan yang sedang dialaminya.

Mengabaikan Notifikasi

Disaat kamu bermain game moba, tentunya akan mengabaikan notif atau pesan-pesan penting dari sanak saudaram, teman dekat dan lainnya yang masuk dalam smartphone mu. Sebab kamu terlalu fokus didalamnya, terlebih lagi jika dalam sebuah pertandingan.

Bertengkar dengan Pasangan

Dampak ini sangat berhubungan dengan yang diatas, sebab kamu mengabaikan notifikasi atau melupakan pesan penting dari pasangan yang sedang membutuhkan mu saat itu juga. Hal ini akan  membuat pasangan mudah marah, karena merasa tidak dipedulikan dan kamu lebih mementingkan game tersebut.

Kursus Full Praktik & dibimbing langsung oleh ahlinya !!

Jadwal yang Fleksibel, Materi belajar menyesuaikan kebutuhan siswa, 100% Full praktik bersama ahlinya.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.