fbpx

Tutorial Web Programming

Anda ingin belajar web programming dan ingin bisa mengusai bidang ini. Nah kali ini saya penulis akan membahas mengenai web programming dan tutorial gratis web programming. Ada banyak refrensi untuk pembelajaran web programming, tapi pada dasarnya ada beberapa urutan yang harus anda pelajari dan anda kuasai terlebih dahulu, yaitu belajar membuat HTML dan CSS, belajar PHP, JavaScript, dan belajar membuat beberapa script tambahan, seperti Jquery dan Ajax, serta membuat framework sebuah web. Nah itu adalah urutan pembelajaran untuk web programming.

Baik sekarang saya akan memberitahu anda struktur dasar bahasa pemrograman. Untuk belajar web programming maka anda harus mengetauhui tentang struktur dasar bahasa pemrograman, logika dasar pemrograman, dan algoritma pemrmograman. Semua itu harus anda pelaajari dengan tepat dan cermat. Setiap bahasa pemrograman memiliki struktur dasar yang berbeda, tapi sebuah struktur dapat dimasukan dalam beberapa kategori. Oke langsung saja struktur apa saja yang harus anda pelajari.

  • Struktur Perulangan

Terkadang saat anda menjalankan sebuah program, anda harus menjalankan perintah secara berulang-ulang, agar program dapat berjalan secara berkelanjutan, struktur ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menjalankan baris perintah secara berulangkali dalam sebuah program.


Ada beberapa fungsi perulangan yang bisa digunakan untuk membuat struktur program ini, seperti for, while, dan while-do pada C++. Anda bisa menggunakan ketiga fungsi ini untuk membuat menjalankan baris-baris perintah pada program anda.

Baca Juga:

Belajar Android Programming Basic hingga Advance melalui Training Android Programming bersama Flashcom Indonesia

Berikut contoh fungsi struktur perulangan pada bahasa C++

Seperti gambar diatas, selama kondisi i<=225 terpenuhi, nilai i tidak melebihi 255, maka perintah printf(“%d “,i) akan dijalankan oelh program tersebut. Apa bila sudah tidak terpenuhi maka program akann berhenti menjalankan perintah tersebut.

  • Struktur Runtutan

Struktur ini merupakan struktur algoritma paling dasar yang berisi rangkaian yang diproses secara sekuensial,  artinya dikerjakan satu persatu, mulai dari intruksi pertama sampai intruksi terakhir. Pada dasarnya sebuah program akan menjalankan proses yag paling dasar sperti struktur ini. Langsung saja berikut contoh struktur runtutan dalam bahasa Java.

  • Struktur Percabangan

Membuat program tidak akan lepas dari sebuah pilihan dalam menjalankan perintah sesuai dengan ketentuan. Anda dapat menggunakan struktur ini untuk sebuah program dengan beberapa pilihan yang di sesuaikan dengan syarat atau kondisi yang dikehendaki. Sebagai contoh, membuat sebuah perangkat dengan beberapa tombol yang dapat digunakan untuk menyalakan lampu tertentu sesuai dengan tombol yang dipilih, maka kita bisa menggunakan struktur percabangan ini.

Seperti yang tertera di atas anda bisa menggunakan fungsi if-else atau switch case dalam bahasa pemrograman C untuk board Arduino. Berikut adalah contoh struktur percabangan dengan fungsi if-else. Melihat barisan kode di atas, maka lampu 1 akan menyala saat tombol 1 ditekan, dalam kode digitalRead(tombol 1)==1, dan lampu 2 akan mati. Begitu juga dengan sebaliknya.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.