fbpx

Tutorial Dasar Kedua CodeIgniter

Pada artikel sebelumnya, telah dibahas bagaimana belajar dasar-dasar codeigniter disini. Namun, untuk mempelajari lebih lanjut bagaimana menjalankan sebuah website. Anda perlu mengetahui pula Tutorial Dasar Kedua Codeigniter ini guna menambah referensi awal dalam mempelajari pemrograman hingga tingkat mahir. Pada tahap kedua ini, anda dapat menjalankan CI secara sederhana dengan mengetahui serta memahami penggunaan view and control menggunakan text editor sublime text.

Tahapan-Tahapan Belajar Tutorial Dasar Kedua CodeIgniter Hingga Tingkat Mahir

Dalam tutorial kedua ini, anda perlu membuka folder pada htdocs yang terisi file codeigniter, kemudian masuk pada folder /application/config/routes.php dan perhatikan gambar di samping ini mana saja yang wajib diubah menggunakan kode berikut “$route[‘default_controller’] = ‘welcome’;” diubah menjadi “$route[‘default_controller’] = ‘Hello’;” Hal ini memiliki tujuan agar control yang dijalankan pertama kali adalah control “Hello.php”.

Pada code yang bernama hello.php dalam folder /application/controllers/.  Baris code “class Hello extends CI_Controller” memiliki fungsi untuk membuat class hello dengan extends dari codeigniter controller. Sehingga file tersebut hanya digunakan sebagai controller saja yang tidak bisa mengubah fungsi model. Sedangkan baris kode dapat digunakan untuk membuat fungsi dengan nama index() yang terletak pada code view “Hello_message.php”


Baca juga ya:

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman dengan Kursus Bahasa Pemrograman Beserta Tipsnya

Fungsi index “public function index(){$this->load->view(‘Hello_message’);}”, guna sebagai default utama atau fungsi yang dijalankan pertama kali oleh website. File yang ada di codeigniter dapat php atau html. Jika menggunakan php maka pemanggilan file tanpa menyertakan extensi dari file tersebut. Namun jika menggunakan html, maka yang harus anda tulis seperti contoh Hello_message.html. yaitu seperti ini $this->load->view(‘Hello_message.html’);

Cara Membuat Folder View dalam Tutorial Dasar Kedua Codeigniter Perlu Anda Ketahui

Pada folder view buatlah file dengan nama “Hello_message.php” yang akan di view kan halaman webnya dan isi dengan kode di bawah ini :

<?php
defined(‘BASEPATH’) OR exit(‘No direct script access allowed’);
?><!DOCTYPE html>
<html lang=”en”>
<head>
<meta charset=”utf-8″>
<title>Hello Word</title>

</head>
<body>

<h1>Welcome to First Web</h1>

<h1>Hello My Friend</h1>

</body>
</html>

Untuk melihat hasil dari pembuatan file dan folder yang telah disesuaikan, dapat melalui url browser dengan mengetikkan “localhost/artikel (folder name). Berikut tampilan dengan tulisan yang telah anda buat:

Welcome to First Web

Hello My Friend

Jika telah menghasilkan tulisan yang sesuai dengan anda buat, maka view and control ci telah berjalan. Apabila anda ingin menampilkan suatu halaman website dapat menggunakan fungsi controller, sedangkan untuk mengubah tampilannya dapat melalui view. Berdasarkan penjelasan diatas terkait Tutorial Dasar Kedua Codeigniter, dan anda ingin mengikuti pelatihan programming yang diselenggarakan oleh Flashcom Indonesia guna belajar pemrograman secara langsung dengan Trainer Profesional, silahkan hubungi layanan pelanggan kami melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.