fbpx

Tips Menciptakan Portfolio Desain

Bagi kamu seorang desainer grafis, portfolio merupakan senjata utama untuk mendapatkan project baru. Hal ini dikarenakan klien dapat melihat dan menilai kemampuan desainmu, sebab setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Nah buat kamu yang ingin menciptakan portfolio desain yang mengesankan, berikut tips yang perlu kamu ketahui ! Diantaranya,

Pilih karya secara selektif

Kumpulkan semua karyamu dari yang terbaik hingga biasa saja. Klien biasanya akan melihat 3-5 karya terbaik sebagai titik awal penilaian. Selain itu juga menyukai desainer yang memiliki berbagai keterampilan dan memahami dasar-dasar aspek desain yang berbeda.

Jelaskan Project Secara Singkat

Dalam hal ini kamu harus menguraikan masalah awal dan diskusikan bagaimana penyelesaiannya. Jelaskan prosesnya, tampilan sketsa awal dan desain-desain yang sudah dikerjakan.


Buat Kesan Awal yang Kuat

Buatlah kesan pertama yang kuat dan khas, agar klienmu mudah mendapatkan gambaran mengenai gaya, fokus, spesialisasi desainmu. Buatlah portfolio desain yang menarik secara visual, unik dan jelas.

Kelola Project Sebaik Mungkin

Apabila kamu memiliki cukup banyak karya untuk mengisi portfolio desain, maka kerjakan project kecil dari teman atau kerabat meskipun nominalnya tidak terlalu besar. Dari situ karyamu akan terus bertambah dan klien dapat melihat semua desain yang pernah kamu buat.

Baca Lainnya:

Menciptakan Desain Produk Profesional dengan Kursus Desain Grafis Terbaik di Flashcom Indonesia

Buat Situs Mudah Dijelajahi

Pilih navigasi yang mudah dijelajahi oleh siapapun dan memiliki urutan yang jelas pada tata letak situsmu. Pastikan karyamu dikelompokkan berdasarkan jenis agar klien mudah melihat dan memilah karya yang relevan.

Tunjukkan Kepribadian dan Passion-mu

Tulislah mengenai minat dan pendapat terkait tren desain saat ini dan pamerkan sesuatu yang unik & menarik yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar. Selain itu tambahkan warna atau animasi yang menarik ke nav bar atau footer.

Buatlah Tampilan yang Jelas dan Unik

Miliki tampilan yang jelas dengan latar belakang dirimu, hal ini sangatlah penting selain dari keterampilan. Seseorang juga akan menambahkan dinamika unik ke tim yang membawa ide-ide baru.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.