fbpx

Tips Memotret Gerhana Bulan Total

Berbekal dengan kemampuan kamera smartphone android yang semakin canggih ini, dengan spesifikasi yang memadai. Kamu sudah bisa mengabadikan momen fenomena alam yang langka yaitu gerhana bulan total. Pada postingan sebelumnya kita membahas mengenai aplikasi android yang bisa digunakan untuk memantau gerhana bulan disini. Lantas bagaimana caranya? Berikut Tips Memotret Gerhana Bulan Total dengan Android secara tepat, yaitu:

Pilih Lokasi dan Landmark yang Tepat

Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang sesuai, pilihlah lokasi yang tepat yaitu tempat yang gelap dan jauh dari keramaian, polusi udara serta cahaya. Sebab nantinya akan mempengaruhi hasil foto tersebut. Apabila kamu di kawasan perkotaan, maka padukan dengan landmark sebagai pemanis dalam foto tersebut.

Amati Pergerakan Bulan

Ada baiknya kamu mencari informasi terlebih dulu sebelum mulai mempersiapkannya, seperti kondisi cuaca disekitar lokasimu. Kamu bisa meng-install beberapa aplikasi cuaca android melalui Play store.


Gunakan Tripod

Tripod sangat berguna untuk menjaga kestabilan smartphone dan meminimalisir blur di saat melakukan foto gerhana bulan total malam hari. Sebab kamu bakal melakukan pemotretan dalam jangka waktu lama dalam keadaan diam dan jangka waktu tertentu.

Baca Juga:

Membuat Aplikasi Android dengan Mengikuti Kursus Android Sidoarjo

Atur Kamera ke Mode Manual

Ubah pengaturan kamera mu ke mode manual. Dengan segala kecanggihannya, kamu bisa mengatur ISO, shutter, speed, diafragma dan sebagainya. Ada pendapat lain mengatakan kamu bisa menggunakan WB Daylight atau manual fokus. Sisanya atur sesuai dengan kondisi dan pencahayaan yang variasi.

Hindari Penggunaan Flash

Hal ini dikarenakan flash nggak cukup berguna dan mengganggu orang di sekitar mu yang sedang mereka momen yang sama. Pastikan pengaturan flashmu dalam keadaan off, sebab beberapa kamera smartphone akan menyala otomatis dalam keadaan lowlight seperti malam hari.

Hindari Penggunaan Zoom In Digital

Penggunaan zoom in dalam momen ini merupakan pilihan yang salah. Sebab akan menurunkan kualitas foto gerhana bulan yang sedang kamu ambil. Lebih baik tanpa zoom, kamu bisa melakukan crop pada bagian penting saja.

Rehat Sejenak dan Nikmati Momen Langka

Kamu enggak boleh terlalu larut dengan hype fenomena alam ini dan fokus untuk mengabadikan lewat bidikan kamera. Rehat sejenak dan nikmati secara langsung dengan mata kepalamu sendiri. Bakal jadi pengalaman yang indah seumur hidup deh !

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.