fbpx

Tips Memilih Nama Domain

Bagi anda yang memiliki bisnis online ataupun seorang blogger profesional, tentunya memiliki website dengan domain yang unik dan menarik merupakan suatu keinginan yang dicapai sebagai identitas pada situs anda. Namun jika anda baru pertama kali membelinya, pasti merasa bingung bagaimana memilih nama yang tepat untuk diterapkan pada bisnis anda. Berikut Tips Memilih Nama Domain yang wajib anda ketahui, sebab merupakan sebuah identitas anda di internet yang sebaiknya dipilih sesuai dengan jenis perusahaan yang sedang anda jalani. Selain itu memiliki fungsi untuk mempermudah pengguna internet untuk melakukan akses pada server yang dikunjungi tanpa harus mengenal IP Address yang begitu rumit.

Inilah Tips Memilih Nama Domain yang Baik untuk Bisnis Anda

Sebelum anda menentukan nama domain, ada baiknya anda memahami beberapa hal penting dibawah ini. Karena nama domain merupakan sebuah kesatuan dari situs web seperti wikipedia.org atau dikenal dengan istilah URL. Berikut diantaranya:

Kreatif dan Brandable

Hal pertama untuk menentukan nama domain sebagai identitas perusahaan di dunia online yaitu menggunakan nama yang kreatif dan brandable agar dapat melakukan branding dengan mudah dan juga mudah dicari, diingat serta disebarkan oleh customer atau pengunjung web anda.


Menggunakan TLD atau Top Level Domain

Selanjutnya anda perlu menggunakan TLD berekstensi dot com yang paling mudah diingat orang. Untuk mengecek ketersediaan nama domain, bisa melalui situs ini.

Menggunakan Domain Pendek dan Mudah diketik

Pastikan anda membuat nama domain yang pendek agar mudah diingat oleh pengunjung anda, hal ini untuk menghindari salah pengejaan atau ketik pada alamat domain. Disarankan tidak lebih dari 17 karakter dan hindari ejaan gaul atau yang susah diingat.

Keyword dengan Tema Website

Jika anda menjalankan sebuah web bisnis, maka perlu memiliki domain dengan keyword yang sama sebab dapat membantu bisnis anda muncul pada halaman pertama mesin pencari google.

Baca Juga:

3 Cara Dasar Pembuatan Web Memudahkan Anda Mengembangkan Bisnis

Menggunakan Extension Domain yang Tepat

Extension domain merupakan akhiran yang ada pada sebuah url seperti .com atau .net. Salah satu yang paling populer dan sering digunakan adalah .com namun ada pula lainnya seperti .co, .info, .org dan lain-lainnya.

Melakukan Research

Sebelum anda memilih nama domain, pastikan untuk mengetahui bahwa domain tersebut belum di trademark, copyright oleh perusahaan lain. Karena hal ini bisa menjadi masalah legal, oleh karenanya research sangat penting untuk dilakukan.

Setelah anda mengetahui beberapa Tips Memilih Nama Domain yang harus anda ketahui sebelum menggunakannya, selain untuk memudahkan pengguna internet guna mencari situs web anda agar mudah diingat namun juga dapat menghindari beberapa masalah yang akan timbul nantinya jika terdapat nama domain serta url yang sama dengan perusahaan lainnya.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.