fbpx

Tips Manipulasi Foto dengan Photoshop

Photoshop merupakan software desain grafis yang memiliki banyak manfaat bagi penggunanya yang bekerja dibidang industri digital maupun hobi seni. Salah satu andalannya yaitu bisa menciptakan desain foto terbaik dengan teknik manipulasi. Meski terdengar familiar, cara ini tidaklkah mudah. Karena ada beberapa Tips Manipulasi Foto dengan Photoshop yang harus diketahui bagi para pemula agar sukses dan mendapatkan karya terbaiknya.

Tips Manipulasi Foto dengan Photoshop Wajib Kalian Tau untuk Pemula

Perspektif

Hal pertama yang harus anda tau dalam menghasilkan karya manipulasi foto yaitu mengatur skalanya. Meski sering disepelekan, bila unsur-unsurnya tidak memenuhi, maka hasil yang diperoleh terlihat aneh dan kurang menarik. Karenanya, perhatikan skala gambar yang tepat dengan mengatur perspektif, baik itu cakrawala, titik lenyap hingga elemen lainnya.

Realistik Tekstur

Selanjutnya anda harus menambahkan tekstur pada project manipulasi foto, caranya yaitu dengan mendalami setiap detail dari object tersebut. Misalnya gambar harus berkualitas tinggi dan permukaan foto dapat dipercaya.


Menggunakan Action

Action menjadi salah satu fungsi photoshop yang bisa mempercepat cara kerjanya dalam mengoptimasi project tanpa menyita waktu. Selain itu, berfungsi untuk menciptakan efek yang kompleks tanpa menyita waktu dengan menambahkan sebuah filter serta lapisan tertentu.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Kursus Desain Grafis

Dodge and Burn

Sebuah desain manipulasi foto tidak selalu baik dengan memperlihatkan realistisnya. Seringkali anda harus menambahkan elemen tertentu dalam karya tersebut seperti gaya, warna, highlight, bayangan dan fantasi lainnya.

Custom Brusher

Sama seperti teknik sebelumnya, brush juga menjadi cara terbaik yang bisa menambahkan efek realistis dalam gambar. Hal ini dikarenakan penggunaannya sangat bagus dalam membuat setiap goresan yang dilukis manual atau dengan tangan yang terbatas.

Transform and Warp Option

Terakhir yaitu terdapat beberapa elemen fotografi yang bisa menjadikan satu objek tersebut lebih menarik dan jauh berbeda. Anda bisa melakukannya dengan penggunaan elemen dasar yaitu transformasi, warp custom, and liquify.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.