fbpx

Tips Coding Java Programming

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer di kalangan programmer dunia dengan berioritas objek berbasis kelas dan dirancang menjadi portabel yang bisa digunakan pada semua platform, sistem operasi dan perangkat lainnya. Meskipun java termasuk bahasa pemrograman yang sedikit rumit bagi pemula, namun para programmer setuju bahwa keterampilan mengenai java sangatlah berguna. Nah bagi kamu yang ingin belajar coding java programming terkait class dan method main, pahamilah beberapa poin penting berikut.

Pertama variable, yang merupakan tempat atau nama yang di gunakan untuk menyimpan data dan merubah data di dalam  bahasa pemrograman komputer. Perhitungan dan proses lain yang menggunakan variable sebagai tempat penyimpanan data, baik yang akan di oleah maupun data hasil setelah di olah, semisal. { Int nilai = 1 } dalam baris coding tersebut, anda membuat variable dengan nama nilai yang bertipe data integer dan menyimpan data berupa angka 1.

Bahasa pemrograman java bersifat Case-Sensitive, yang berarti utuk penanaman variable, class, method, dll. Yaitu antara huruf kecil dan huruf besar yang berbeda, coontohnya :


  • Belajar dengan belajar
  • Belajar Coding Java dengan belajar coding java

Hal semacam itu di anggap berbeda dalam bahasa pemrograman java.

Pada gambar diatas pada baris pertama | public class Belajar { |. Public adalah acces modifier, dalam penggunaan access modifier public class belajar, berarti class belajar bisa diakses oleh class lainnya, baik dari package yang sama maupun package yang berbeda. Class pada baris pertama ini merupakan kata kunci di dalam pemrograman java untuk membuat class, ada beberapa kata kunci yang  identifier di pakai oleh java dan tidak dapat anda gunakan sebagai nama class, method, variable, dll. Kemudian kata Belajar yang merupakan nama dari class yang di buat, adapun aturan dalam penulisan nama class, seperti.

Lainnya:

Pelatihan Web Design Digelar oleh Flashcom Indonesia bersama Polda Jatim

  • Nama file harus sama dengan nama Class
  • Nama Class di awali dengan huruf besar dan untuk nama package menggunakan huruf kecil.
  • Setelah itu karakter selanjutnya bisa berupa angka

Tanda { kurung kurawa pada coding yang di buat dalam pemrograman Java berada dalam kurung kurawa sebuah Class.

Pada baris kedua | // Main Method | ini adalah komentar yang berfungsi sebagai catatan atau dokumentasi bagi programmer. Komentas tidak berpengarus terhadap coding yang anda buat. Teknik penulisan komentar seperti ini berlaku untuk komentaar satu baris.

Pada baris ketiga Coding | public static void main(String[] args) { | ini adalah main method di dalam bahasa pemrograman java, agar aplikasi java dapat di jalankan, aplikasi java berjalan berawal dari main method. Sedangkan pada baris ke-empat yang mmerupakan teknik penulisan komentar lainnya yang berlaku pada java untuk catatan yang lebih dari satu baris.

Pada baris | System.out.printIn(“Belajar Coding Java”); | yang akan menampilkan teks yang diapit tanda “ (double quotes) ke layar atau console di dalam Netbeans IDE.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.