fbpx

Tips Belajar Web Programming

Sekarang sudah banyak website dengan ide kreatifnya, Banyak orang mulai berlomba – lomba mengekspresikan ide mereka kedalam sebuah website atau aplikasi website. Tetapi masih banyak orang yang bingung mulai dari mana mereka mulai belajar,  diartikel kali ini akan membahas Tips belajar Web Programming.

  1. HTML (Hyper Text Markup Language)

HTML adalah inti dari seluruh halaman web. Mustahil membuat website tanpa memiliki dasar pengetahuan tentang HTML. Tapi, HTML juga sangat mudah dipelajari. Anda tidak perlu memiliki dasar programming atau pengetahuan tentang algoritma apapun. Satu-satunya kemampuan yang dibutuhkan adalah anda sudah cukup familiar dengan cara penggunaan web browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox. HTML ini berfungsi untuk menampilkan komponen – komponen dasar website kita di browser seperti menampilkan tulisan, link, garis, dll.

  1. CSS (Cascading Style Sheet)

Setelah anda menguasai HTML (minimal dasar-dasar HTML), bisa memilih antara CSS atau PHP. Apabila berminat dengan web design, silahkan lanjut mempelajari CSS. CSS ini berfungsi untuk mempercantik tampilan website yang kita buat, mempercantik komponen – komponen HTML, dan bahkan bisa membuat efek – efek sederhana pada tampilan website. Dengan belajar CSS anda akan memiliki dasar yang pas dan bisa memahami bagaimana cara membuat tampilan website dan mempercantik desain halaman web. Sama seperti HTML, CSS juga tidak membutuhkan pengetahuan apapun terkait programming. CSS ataupun HTML sebenarnya bukanlah sebuah ‘bahasa pemrograman’. Keduanya adalah bahasa struktur yang terdiri dari perintah  sederhana (walaupun CSS mungkin ‘sedikit’ lebih rumit daripada HTML).


  1. PHP

Setelah mempelajari HTML dan CSS, anda bisa lanjut ke PHP. Berbeda dengan HTML dan CSS, PHP ‘murni’ sebuah bahasa pemrograman computer, diPHP inilah web programming yang sebenarnya. PHP digunakan untuk membuat ‘program’ sesungguhnyanya dari sebuah website. Apabila anda ingin membuat aplikasi web seperti pemrosesan form, menyimpan data ke database, membuat laporan, mengatur alur logika, memproses hasil form HTML, hingga berkomunikasi dengan database seperti MySQL. Jika anda membuat sebuah website modern, 80% waktu akan anda habiskan membuat kode program PHP, terutama website kaya fitur seperti sistem informasi, ujian online, portal berita, dll. Untuk dapat mempelajari PHP, sebaiknya punya dasar-dasar programming.

Baca Juga:

Belajar Android Programming Basic hingga Advance melalui Training Android Programming bersama Flashcom Indonesia

  1. MySQL

Menyimpan Data di Database dengan MySQL, Ketika membuat website dengan PHP terkadang kita perlu menyimpan data seperti registrasi user, laporan penjualan, hasil perhitungan, dll. Media penyimpanan ini dikenal dengan database. Banyak aplikasi database yang bisa digunakan, untuk saat ini aplikasi database yang paling populer untuk web programming adalah MySQL. Anda bisa mempelajari MySQL pada saat bersamaan dengan PHP atau fokus ke PHP, baru kemudian lanjut ke MySQL. Jika anda mengikuti perkembangan terbaru web programming, sekarang juga muncul aplikasi database baru: MariaDB. MariaDB sebenarnya adalah ‘cloningan‘ dari MySQL. Seluruh perintah di MySQL tetap berjalan di MariaDB. Oleh karena itu anda tidak perlu khawatir untuk mulai belajar MySQL.

  1. JavaScript

Hal terakhir yang perlu dikuasai dalam Web Programming adalah JavaScript. Sama seperti PHP, JavaScript merupakan bahasa pemrograman murni. JavaScript diperlukan untuk membuat halaman website yang interaktif, seperti apa yang terjadi ketika sebuah tombol di-klik, menampilkan pesan kesalahan jika salah mengisi form, membuat animasi hingga game online berbasis web. JavaScript menggunakan konsep pemrograman berbasis objek (Object Oriented Programming). Konsep OOP cukup sulit untuk pemula (terutama jika belum pernah belajar OOP). Walaupun begitu, dengan materi dan panduan yang sesuai, belajar JavaScript sangat menyenangkan dan mudah. Fitur dan hasil akhir yang bisa didapat dengan JavaScript sangat menarik, seperti animasi, konten interaktif, dll.

Setelah anda menguasai materi – materi diatas anda sudah bisa membuat website yang baik dan menarik, dan anda bisa disebut sebagai Web Developer. Untuk lebih mempercantik dan menyempurnakan website yang dibuat anda juga perlu mempelajari beberapa bahasa  seperti JQUERY, AJAX, dll. masing – masing memiliki kelebihan yang akan membuat webste anda terlihat semakin cantik, contohnya anda dapat membuat animasi – animasi dan effect yang baik dengan JQUERY, ditambah lagi beberapa kelebihan yang ditawarkan dibandingkan jika anda menggunakan FLASH.

Tak ketinggalan sebagai Web Developer anda tentu saja juga membutuhkan FRAMEWORK untuk mempermudah pekerjaan anda. FRAMEWORK ini memiliki sangat banyak keuntungan mulai dari segi kemudahan, kecepatan proses develop, keamanan, dan kompabilitas. Banyak Web Developer profesional menggunakan FRAMEWORK untuk membuat sebuah Web. Dan ada banyak FRAMEWORK yang telah diciptakan seperti CodeIgniter, ZEND PHP, Kohana, Panada, Yii, dll, tapi sebagai pemula anda disarankan mempelajari CODEIGNITER terlebih dahulu, karena dokumentasinya yang sangat lengkap dan mudah dipahami akan memudahkan anda mempelajarinya.

Itu adalah tahapan Tips Belajar Web Programming, tentu saja masih banyak pilihan yang dapat anda pelajari selain PHP, JAVASCRIPT dll, anda juga bisa mempelajari JAVA Applet, Ruby on Rails, Python, dan bahasa pemrograman lainnya yang mendukung pemrograman berbasis Web

Kursus Full Praktik & dibimbing langsung oleh ahlinya !!

Jadwal yang Fleksibel, Materi belajar menyesuaikan kebutuhan siswa, 100% Full praktik bersama ahlinya.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.