fbpx

Tips Belajar Membuat Aplikasi Android

Bagi Anda yang kesulitan membuat aplikasi Android, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara membuatnya dengan mudah dan tanpa perlu coding. Rahasia untuk bisa menguasai kemampuan apapun dan khususnya kemampuan programmer adalah dengan latihan terus menerus. Sebab, jika Anda sering latihan dan mengetahui tips belajar membuat aplikasi android maka Anda akan semakin mudah untuk mengembangkan aplikasi android.

Beberapa Tips Belajar Membuat Aplikasi Android dengan Mudah dan Wajib Dipelajari

Pernahkah Anda bertanya bagaimana cara membuat aplikasi Android yang rumit seperti OLX, Tokopedia maupun Shopee? Aplikasi yang disebutkan tadi termasuk aplikasi yang dibuat oleh tim yang tidak sedikit jumlahnya. Namun untuk Anda yang masih mau belajar, Anda bisa membuat aplikasi yang mudah dibuat dengan beberapa langkah dibawah ini, yaitu:

Mempersiapkan Software Android dan menginstallnya

Sebelum memulai membuat aplikasi Android, pertama-tama Anda harus menyiapkan alat tempurnya, berikut adalah alat yang wajib Anda gunakan untuk membuat aplikasi Android. Salah satunya android studio yang merupakan aplikasi integrated development environment (IDE) untuk pembuatannya. Adapun bergam fitur lebih yang bisa membantu anda nantinya.


Menginstall aplikasi JDK

Anda harus terlebih dahulu mengInstall dan mensetting JDK (Java development Kit) JDK adalah Software yang dipakai untuk kompilasi dari bahasa pemrograman Java ke bahasa pemrograman bytecode.

Membuat interface dan struktur project

Jika Anda baru pertama kali membuka IDE Android Studio maka yang pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat aplikasi pertama, yaitu dengan cara klik Start a new Android Studio project.

Artikel Terkait:

6 Langkah Mudah Belajar Pemrograman Android dengan Mengikuti Kursus Android di Surabaya

Membuat linear layout dan Relative Layout

Linear Layout merupakan kelompok tampilan yang membuat tampilan sejajar dalam satu arah, dalam bentuk vertikal maupun horizontal. Dengan linear layout ini Anda dapat menetapkan arah layout mau ke arah horizontal maupun vertikal sesuai keinginan Anda. Sedangkan Relative layout adalah salah satu tampilan group struktur code yang bisa mengatur komponen-komponen didalamnya atau yang dibungkus secara relative.

Mengenal Splash Screen dan User Interface Dashboard

Splash screen adalah tampilan awal ketika Anda mencoba membuka sebuah aplikasi android. Splash screen ini akan muncul sebelum menu utama muncul. Beberapa contoh aplikasi yang memakai splash screen diantaranya adalah Facebook, Twitter, YouTube, Skype dan masih banyak yang lain. Untuk tampilan user interface dashboard atau biasa disebut dengan menu utama yang bagus dan menarik akan membuat user tertarik untuk berlama-lama saat menggunakan aplikasi Android Anda.

Mengenal web view dengan progress bar

Android Web view merupakan sistem dari google Chrome yang bisa membuat aplikasi Android kamu bisa menampilkan konten web yang sudah ada. Contohnya ketika Anda ingin aplikasi android yang Anda buat bisa mengakses sebuah halaman web tanpa harus Anda membuka aplikasi browser terlebih dahulu.

Mengenal custom font

Pada dasarnya sistem Android sudah menyediakan font bawaan yang sudah bisa dipelajari. Namun tentu saja Anda ingin memberikan font-font yang terbaik untuk aplikasi yang akan Anda buat. Untuk membuat font custom ternyata tidaklah sulit yang seperti dibayangkan oleh bayak orang.

Namun bagi Anda yang kesulitan dalam mempelajari coding, khususnya coding bahasa pemrograman java. Anda bisa mempelajarinya melalui Pelatihan Android Programming yang digelar oleh Flashcom Indonesia. Dengan materi yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan jadwal yang fleksibel. Jika ingin menghubungi layanan pelanggan kami yang Fast Response and Service Excellent dapat melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.