fbpx

Tips Belajar Bahasa Pemrograman

Pernahkah anda berfikir bisakah untuk belajar pemrograman secara otodidak? Tentu saja jawabannya bisa. Lantas bagaimana tips belajar bahasa pemrograman? Belajar pemrograman secara otodidak sudah menjadi cara bagi sebagian developer atau pembuat program lainnya yang ditempuh ketika orang  tersebut tidak memiliki seseorang yang dapat mengajarinya. Namun kini anda jangan khawatir, telah dibuka Kursus Pemrograman bersama Flashcom Indonesia dengan panduan Trainer yang Ahli di bidangnya.

Banyak pembuat program di dunia ini yang expert dalam membuat program, meski mereka memperoleh ilmu tersebut secara otodidak. Terdapat banyak sumber belajar pemrograman yang bisa diakses, dan segala informasi dapat mengalir dengan cepat untuk didapatkan. Akan tetapi belajar membuat program harus ditempuh dengan cara yang tepat dan benar agar anda bisa mempelajarinya secara efektif.

Tips Belajar Bahasa Pemrograman Perlu anda Ketahui untuk Pemula

Menentukan Bahasa Pemrograman yang Dipilih

Terdapat banyak sekali bahasa pemrograman yang berkembang akhir-akhir ini, meski tidak semua bahasa tersebut perlu anda pelajari sekaligus secara bersamaan. Tentu hal ini akan menjadi sulit, karenanya langkah awal untuk memulai pemrograman adalah menentukan bahasa yang akan dipelajari sesuai dengan tingkat kemampuan yang anda miliki. Belajarlah secara bertahap pada setiap tingkat yang akan lebih sulit diatasnya.


Artikel Lainnya:

Mahir Bahasa Pemrograman dengan Kursus Java Programming Surabaya

Mencari Sumber atau Tutorial Lengkap

Untuk belajar apapun salah satunya pemrograman, anda memerlukan sumber belajar yang tepat. Salah satunya perusahaan Flashcom Indonesia yang telah membuka kursus Pemrograman untuk pemula hingga mahir sekali pun. Akan tetapi bagi orang yang belajar otodidak, maka perlu mencari sumber yang menyediakan tutorial lengkap untuk mempermudah praktek ilmu yang sedang dipelajarinya.

Bergabung dalam Forum atau Komunitas

Seorang developer pemula disarankan untuk bergabung dalam sebuah komunitas untuk mendapatkan berbagai ilmu sesuai dengan jenis komunitas yang diikutinya. Setidaknya calon pembuat program tersebut bisa masuk dalam komunitas berbasis online yang banyak berkembang akhir-akhir ini.

Banyak berlatih dan praktik

Selain anda bergabung dengan komunitas dan mendapatkan berbagai sumber, selanjutnya harus memulai belajar dengan mempraktikkannya akan hal hal yang telah dipelajari. Jangan hanya dibaca saja, namun perlu untuk mencobanya. Apabila terdapat sedikit kesalahan dan bingung cara mengatasinya, maka anda bisa segera membagikannya pada komunitas yang anda ikuti sesuai dengan apa yang dibahas dalam forum tersebut.

Dengan ini anda telah mengetahui beberapa Tips Belajar Bahasa Pemrograman untuk Pemula secara otodidak. Jika anda mengalami kesulitan atau ingin langsung praktek dengan panduan mentor professional, maka perlu mengikuti Kursus Pemrograman sampai Mahir bersama Flashcom Indonesia. Layanan pelanggan yang Fast Response and Service Excellent dapat dihubungi melalui Hotline 0-811-3380-114 atau by WhatsApp 085735948460

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.