fbpx

Teknologi Internet Kecepatan Cahaya

Hingga saat ini banyak wilayah indonesia yang masih sulit sinyal, sehingga banyak warga yang mengeluh. Ilmuwan mancanegara pun telah kian berlari jauh ke depan, ketika banyak para gamer yang memuja tempat-tempat wifi apalagi yang gratisan. Ketika wifi masih di anggap lebih bagus di Indonesia karena lemot nya sinyal satelit, di luar sana mungkin wifi sudah akan digantikan. Seperti LiFi, internet yang dihantarkan dengan kecepatan cahaya. Penasaran Teknologi Internet Kecepatan Cahaya Bakal Geser WiFi ini? Berikut ulasannya,

Teknologi berbasis VLC

Lifi atau light fidelity yaitu teknologi atau alat komunikasi baru berbasis sitem cahaya yang terlihat (Visible Light Communication, Vlc). Lifi mengkonversi pancaran cahaya lampu LED menjadi sinyal elektronik,  dan diklaim memiliki kecepatan 100x lipat lebih cepat dari wifi. Kecepatannya pun lebih dari 200 Gbps yang bisa mengunduh 23 DVD dalam waktu satu detik! Hebat bukan?

Memanfaatkan Pancaran Sinar

Kebutuhan merealisasikan lampu telah dilakukan gunak memancarkan internet. Perusahaan Oledcomm asal perancis memasarkan lampu CES (Consumer Electronics Shos) di Las Vegas pada Januari 2018. Produk ini memiliki dua bagian yaitu lampu dan dongle (Peralatan untuk menerima dan mengirim data nirkabel). Dan alat ini pun telah dibuktikan bahwa pancaran sinar lampu yang mengantarkan internet benar-benar terjadi.


Baca Juga:

Membuat Aplikasi Android dengan Mengikuti Kursus Android Sidoarjo

Tidak Bisa Menembus Dinding

Lifi telah dibuktikan lebih cepat dari pada wifi dengan menggunakan pancaran sinar lampu yang tak berbahaya bagi kesehatan. Berbeda dengan wifi, banyak yang khawatir terganggu kesehatannya disebabkan oleh gelombang radio. Namun dibalik itu, lifi memiliki kekurangan yaitu tidak mampu menembus dinding. Dalam artian hanya dapat memancarkan internet dalam ruang lingkup lokal atau di sekitar.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.