fbpx

Teknologi Beresiko Merusak Alam Semesta

Teknologi merupakan bagian dari kehidupan manusia digital sekarang ini, hampir setiap aspek kehidupan manusia pun dimudahkan dengan adanya teknologi. Baik dari segi pekerjaan, berkomunikasi dan sebagainya. Selain itu, teknologi diciptakan oleh manusia yang tentunya juga memiliki bahaya tersendiri apabila disalahgunakan. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut adalah potensi paling besar dari dampak buruk penggunaan teknologi beresiko merusak alam semesta diantaranya,

Internet

Internet merupakan salah satu teknologi paling dekat dengan manusia yang menghadirkan sejuta manfaat di berbagai aspek kehidupan. Namun siapa sangka jika internet juga mendatangkan bahaya yang lebih parah? Sebab banyak pihak yang dapat memanipulasi data serta informasi guna memicu penipuan, pembunuhan bahkan peperangan sekalipun.

Kecerdasan Buatan

Teknologi baru ini ditemukan beberapa tahun lalu yg dapat membuat mesin yang diciptakan manusia tanpa memerlukan kehadiran manusia tersebut. Namun, kecerdasan buatan dapat menjadi bumerang bagi kehidupan manusia jika melampaui kemampuan manusia sendiri. Tentunya hal tersebut akan membuat manusia tidak diperlukan lagi bahkan digantikan oleh kecerdasan buatan yang tidak mengenal lelah bahkan lapar sekalipun.


Laser

Laser merupakan teknologi yang diciptakan untuk melakukan banyak hal seperti mengobati penyakit, alat pemotong material, membuat hologram dan sebagainya. Namun, negara modern saat ini telah mengembangkan teknologi laser sebagai senjata pertahanan yang dilibatkan dalam perang. Sehingga akan membuat banyak manusia jatuh dalam perang laser seperti halnya film Star Wars.

Nuklir

Teknologi yang satu ini penuh kontroversi sejak penemuannya di era perang dunia II. Nuklir memang banyak membantu umat manusia, khususnya dalam pemanfaatan sumber energi berskala besar. Akan tetapi, juga dapat memakan korban jiwa karena daya ledak yang digunakan sebagai senjata. Perang nuklir akan terjadi beberapa tahun lagi mengingat persaingan antar negara maju yang saling mengancam dengan teknologi ini.

Drone

Teknologi drone sangat berpotensi besar dalam memusnahkan umat manusia. Seperti yang diketahui, teknologi ini sendiri diciptakan untuk melakukan pemotretan atau perekaman objek yang tidak bisa dijangkau oleh manusia. Namun drone dikembangkan untuk melakukan pengintaian bahkan sering digunakan dalam peperangan. Tentunya, semakin banyak negara yang mengembangkan, semakin banyak pula korban yang berjatuhan.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.