fbpx

Strategi Mahir Excel Makro

Anda dapat mempelajari strategi mahir excel makro pada artikel ini. Makro adalah sederatan fungsi dan perintah program yang disimpan dalam menu visual basic. Microsoft Excel menyediakan fitur untuk merekam aktivitas yang dilakukan oleh penggunanya melalui tools->macro->record macro. Record new macro berguna untuk merekam aktivitas yang dilakukan dan merubahnya menjadi baris-baris program.

Macro juga bisa digunakan oleh user untuk membuat perintah atau procedure melalui bahasa VBA (Visual Basic for Aplication), yang cukup populer digunakan, karena sederhana dan mudah untuk dipalajari. Semakin anda memahami dan mengetahui tentang bahasa VBA, maka akan semakin banyak perintah dan prosedur yang dapat anda buat, sehingga memudahkan anda dalam bekerja menggunakan Microsoft Excel. 

Bila anda intgin belajar atau anda ingin mendalami excel makro yang harus anda lakukan adalah anda harus bida menggunakan Microsoft Excel dan bisa mengoprsikannya dengan baik. Sehingga saat mengotak-atik excel dengan makro anda tidak merasa kesulitan. Kenapa kita harus mengembang pengetahuan dan ilmu mengenai Excel makro, karena Excel makro merupakan program office yang sering digunakan dan merupakan standart industri. Gambaran sederhana mengenai macro, apa bila anda melakukan pekerjaan yang banyak tapi monoton dalam artian hanya itu-itu saja yang anda kerjakan, dari pada anda membuang waktu degan mengerjakannya berulang kali secara manual, kenapa anda tidak merekamnya dengan makro kemudian melakukan sedikit modifikasi.


Untuk bisa menggunakan makro, anda harus melakukan setting terhadap makro security terhadap Microsoft Excel. Caranya sebagai berikut tools->macro->security lalu set security level pada level medium. Dengan level medium anda dapat menetukan apakah meng-Enable atau Disable macro yang terdapat pada file excel.

Baca Juga:

Ingin Mahir Akuntansi Excel? Mari bergabung dengan Kursus Akuntansi Excel di Mojokerto

Saya juga akan mengulas mengenai cara menjalan macro, sebelum memulainya pertama-tama anda harus menyiapkan sebuah kode sebagai bahan latihan, seperti ini.

Range(“A1”).Value=10

Range(“A2”).Value=15

Range(“A3″).Formula=”=A1+A2”

Range(“A1”).Select

End Sub.

LANGKAH 1

-Dari menu bar Sheet1 Excel klik [Tools] – [Macro] – [Macros]

-Akan muncul seperti gambar berikut

-Lalu klik tombol Run, maka macro akan dieksekusi dengan muncul angka pada selA1=10,A2=15 dan A3=25.

LANGKAH 2

-Hapus angka yang terdapat pada Sel A1,A2, dan A3

-Dari emnu bar Sheet Excel klik [Tool]-[macro]-[macros]

-Perhatikan Gambar.1, lalu klik tombol Options

-Lalu akan muncul gambar seperti berikut

-Pada kotak Ctrl+Shift ketikan huruf S lalu klik ok.

-Sekarang tekan Ctrl+Shift+S bersamaan, maka mcro akan dieksekusi.

Dari ekdua langkah diatas, kita sudah dapat membuat prosedur macro, macro yang kita buat nantinya akan digunakan melalui bahasa VBA atau Visula Basic. Tapi anda jangan bingung atau merasa enggan mendengar bahasa pemrograman. Semua butuh proses demi tercapainya kinerja yang baik dan mampu memberi efisiensi yang baik. Dengan ini anda telah mengetahui bagaimana Strategi Mahir Excel Makro yang sangat penting dipelajari.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.