fbpx

Plugin WordPress Anti Spam

Hingga saat ini banyak sekali situs atau web baru yang bermunculan di internet. Meski terbilang sedikit pengunjungnya, namun akan mulai tumbuh dan menghasilkan banyak lalu lintas yang akan dimilikinya. Salah satunya terdapat komentar spam yang dirasa cukup menjengkelkan. Untuk menghindari hal tersebut, terdapat Plugin WordPress Anti Spam yang wajib anda miliki dan terapkan saat ini juga. Spam sendiri merupakan hal yang kurang menyenangkan bagi para pemiliki situs, sebab menjadi gangguan nyata atau layaknya kuman yang akan menempel pada website anda. Hal merugikan yang membiarkan spammer menyerang situs anda yaitu menurunkan peringkat SEO dan membebani database pastinya.

Beberapa Plugin WordPress Anti Spam yang Wajib Diinstall

Dibawah ini terdapat 5 plugin anti spam yang cocok untuk anda gunakan pada website anda untuk menangkal spam dari belakang layar. diantaranya yaitu:

Akismet

Plugin akismet merupakan salah satu plugin paling populer yang dikembangkan untuk WordPress dengan layanan web yang didukung server guna mengevaluasi komentar spam. Plugin ini memiliki algoritma yang khusus untuk mengevaluasi keabsahan komentar yang nantinya dimasukkan dalam spam, selain itu komentar yang dianggap bersih maka secara otomatis terpublikasikan.


WangGuard

Berikutnya yaitu plugin anti spam berbasis awan atau dikenal dengan WangGuard. Plugin ini hampir serupa dengan akismet perlu dihubungkan dengan server agar dapat menggunakan API key dan pengguna gratis mengecek hingga 500 komentar sekaligus.

WordPress Zero SPAM

Plugin yang satu ini terbilang gratis dan dibangun berdasarkan konsep yang dikembangkan oleh pendiri mozilla david walsh dengan menggunakan tekni validasi komentar server dan client side yang kuat.

Baca Artikel Terkait:

Inilah Plugin Terbaik Untuk Mengoptimalkan SEO WordPress pada Website Kalian

Spam Bee

Jenis plugin yang satu ini sepenuhnya dapat digunakan secara gratis baik kebutuhan pribadi maupun komersial. Anda pun tidak perlu melakukan registrasi dan tanpa adanya algoritma deteksi spam berbasis cloud. Akan tetapi, bergantung dengan teknik server side yang cocok dengan database spam publik, validasi alamat IP dan lainnya.

Clean Talk

Plugin ini juga hampir sama cara kerjanya dengan akismet yang dimana komentar akan masuk upload terlebih dulu ke server cloud yang dimilikinya untuk melakukan pemeriksaan validasi. Apalagi hasilnya nanti dapat dipindahkan ke antrian spam dan dipublikasikan.

Itulah 5 Daftar plugin wordpress anti spam yang wajib anda gunakan secara gratis. Sehingga sekarang anda tidak perlu repot lagi untuk melakukan analisis terhadap komentar spam yang menganggu sekali. Jika anda mau mengetahui macam-macam plugin wordpress paling populer lainnya dapat baca disini.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.