fbpx

Persiapan Coding Java Programming

Kali ini kita akan membahas terkait apa saja sih persiapan sebelum coding java programming? sebelum kalian memulainya, ada baiknya mengetahui langkah awal yaitu apa saja yang dibutuhkan untuk coding java? yaitu sebagai berikut.

Java SDK

Text editor, seperti Gedit, Notepad++, dll

Jika sudah selesai, gunakan library lalu tambahkan driver database, framework dan sebagainya. Kalian perlu menggunakan Mven untuk mudah mengelolanya. berikut adalah langkah-langkahnya.

Install Java SDK

Extract Maven


Setting Environment Variable

Terdapat dua environmentVariable yang harus kalian buat, seperti.

Java_Home : lokasi intalasi Java SDK

M2_home/bin : lokasi Extract Maven

Pada Variable Path, ubah sedikit dengan menambahkan.

Java_Home/bin : lokasi compiler Java

M2_Home/bin : lokasi perintah, MVN

Baca Juga:

Mahir Bahasa Pemrograman dengan Kursus Java Programming Surabaya

Selesai semua itu, kalian perlu menginstall ubuntu, caranya tidak terlalu sulit. Kamu tinggal install openjdk-7-jdk sesuai dengan kebutuhan yang kamu gunakan pada GUI atau Command line. Setelah itu kalian extract Maven pada folder manapun. Untuk menambahkan Environtment Variable, kamu buat file /etc/profile.d/java-env.sh , seperti di bawah ini.

Export Java_Home = /usr/lib/jvm/Java-7-openjdk-amd64

Excport M2_Home = /opt/apache-maven-3.2.3

Export Path = $Path : $Java_Home/bin : $M2_Home/bin

Setelah itu ganti isi pada Java_Home dan M2_Home sesuai dengan lokasi di komputer kalian. File yang ada di dalam folder /etc/profile.d akan dijalankan oleh Ubuntu pada waktu komputer dijalankan. Restart komputer kalian untuk melihat hasilnya.

Jika sudah, selanjutnya instalasi di windows yaitu dengan instalasi JDK dan Maven, kemudian unduh Java SDK, instal hingga selesai. Kemudian unduh Maven, setelah terunduh, extract ke folder manapun, tapi biasa ditaruh pada folder Program File, seperti gambar dibawah ini

Selanjutnya, kamu harus tambahkan variable Java_Home dan M2_Home, kemudian edit variable path. Klik kanan My computer di Windows Explor. Pilih Properties, dan muncul layar System Information, seperti gambar di bwah ini.

Klik Advanced System Setting untuk memunculkan System Properties, kemudian tekan tombol Environtment Variable. Setelah muncul, tekan tombol New pada kotak bawah System Variable. Kemudian isi nama variable Java_Home seperti gambar dibawah ini.

Cari variable Path, setelah ketemu edit, isinya sebagai berikut. ( whatever-isi-path-yang-lama;%Java-Home%\bin;%M2_Home%\bin ). Perhatikan bahwa variable path berisi banyak nilai, di windows masing-masing dipisahkan oleh tanda ( ; ) sedangkan Linux, dipisahkan oleh tanda ( : ). Setelah selesai klik OK untuk menutup semua dialog. Setelah itu kamu bisa test. Dengan cara.

Buka command prompt baru. Kalau seelumnya sudah membuka command prompt, harus ditutup dulu buka yang baru konfigurasi yang benar hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Nah itulah persiapan sebelum coding java programming dan cara mengintal di Ubuntu serta Windows, selamat mengkoding. Semoga bermanfaaat

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.