fbpx

Sharing is caring!

Perkembangan Film Animasi di Dunia

Siapa sih yang tidak kenal dengan film animasi? Film yang biasa kita sebut dengan film kartun ini sudah menjadi kegemaran kita sejak kecil. Bahkan mungkin ada diantara kalian yang masih menyukainya sampai saat ini. Jika kamu perhatikan, film animasi yang ada sekarang tentunya sudah makin berkembang bukan? Sebenarnya bagaimana sih perkembangan film animasi di dunia? Berikut ini adalah perkembangan film animasi dari berbagai negara yang sampai sekarang ini masih menampilkan film animasi. Sebagai berikut,

Amerika

Animasi di Amerika berkembang sejak abad 18, pada saat itu teknik stop motionnya banyak disenangi. Teknik ini menggunakan serangkaian gambar diam atau frame yang dirangkai menjadi satu dan menimbulkan kesan seolah-olah gambar tersebut bergerak. Beberapa film animasi yang telah diciptakannya menggunakan teknik ini ialah The Enchanted Drawing (1900) dan Humorous Phases Of Funny Faces (1906). Setelah berkembangnya teknologi, sekarang ini banyak animasi yang dibuat dengan komputer. Terdapat macam-macam jenisnya, ada yang 2 dimensi dan 3 dimensi, sedangkan tokoh yang dianggap berjasa dalam perkembangan animasi ialah Walt Disney dengan karya yang dihasilkan seperti Mickey Mouse, Donald Duck dan sebagainya.

Jepang

Pada tahun 2013, animasi merambah ke dunia asia yaitu jepang. Dimana pada waktu itu dilakukan first experiments in animation yang dilakukan oleh Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaro. Semua jenis animasi yang berasal dari jepang disebut anime oleh penduduk non-Jepang. Industri animasi ini berawal pada tahun 1915 dengan animasi berbentuk karya seni komersial, setelah era pasca perang telah memiliki puncak pencapaian pada pemunculan serial tv Astro Boy dari Ozamu Tezuka tahun 1963. Yang menariknya dalam cerita ini dikombinasikan dengan desain grafis yang minimal tapi efektif. Anime juga memiliki pengaruh dari amerika yaitu orientasi pada orang dewasa dan cerita yang kompleks.  Di jepang film animasi tidak hanya ditujukan pada anak-anak saja tapi juga untuk kalangan dewasa. Animasi menjadi populer di Jepang pada abad 20 sebagai media alternatif dalam penceritaan selain live action.

Rusia

Perkembangan animasi di Rusia, dimulai dengan pionir animator pertama mereka yaitu Ladislas Starevitch (1882-1965), yang merupakan anak dari pasangan Polandia. Ladislaf Starevitch juga dianggap sebagai bapak animasi boneka (puppet animation) dan kerap disandingkan dengan Winsor McCay yang dianggap sebagai bapak animasi gambar (drawn animation). Era pembaharuan yang dibawa Khushev, hal ini ditandai dengan lahirnya kembali animasi boneka. Sehingga animasi boneka seakan-akan tidak berhenti berkembang semasa kekuasaan stalin, yang dihidupkan kembali dengan divisi boneka pada Soyuzmultfilm pada tahun 1953.

Artikel Menarik Lainnya:

Menciptakan Animasi Objek 3D Lebih Mudah dengan Pelatihan Animasi 3D di Flashcom Indonesia

Indonesia

Perkembangan animasi di indonesia, sangatlah berjalan lambat. Karena sulitnya ruang lingkup promosi bagi para animator indonesia, serta kurangnya pendidikan formal animasi yang mendukung peran mereka sebagai animator. Namun disamping itu semua di indonesia terdapat wayang kulit yang berbentuk animasi tertua di dunia patut dibanggakan. Bahkan ketika teknologi elektronik dan komputer ditemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua elemen di dalamnya seperti layar, gambar bergerak, dialog dan sebagainya. Pada perkembangan film animasi di dunia mulai berkembang lebih baik dengan adanya film yang semakin beragam.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.