fbpx

Perbedaan Web Design dan Web Programming

Kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan web design dan web programming. Dari pengertian secara singkat bahwa web design adalah aktifitas yang membuat desain untuk web, sedangkan web programming adalah aktifitas yang membuat program sebuah web agar bisa berjalan dengan baik. Itu pengertian sempit, saya penulis akan mempaparkan secara meluas mengenai perbedaan web design dan web programing.

Web design adalah proses membuat suatu website, yang meliputi beberapa aspek yang berbeda, seperti. Tata letak halaman website, konten, dan desain grafis. Selain web design mungkin anda juga sering mendengan istialh web development. Secara teknis dapat dikatakn web design merupakan bagian dari web development tersebut. Dengan pendekatan klasik, desain menggambarkan tampilan visual dari sebuah website, sedangkan dalam pendekatan tradisional sebaliknya, nenberi warna, keseimbangan, penekanan, irama, gaya elemen grafis, dan penggunaan ikon.

Seorang web designer diharapkan mengerti pemahaman tentang client side scripting, HTML, CSS, cara memanipulasi image dan animasi. Berikut adalah bagian yang harus dipahami oleh seorang web designer.


  • Client-side scripting, javascript.
  • Server-side scripting, PHP, ASP, dsb.
  • Cascading Style Sheets.
  • HTML
  • Manipulasi image dengan, photoshop, GIMP, coreldraw, dsb.
  • Animasi flash

Web designer biasanya bekerja dalam tim untuk memastikan sebuah tampilan website dapat membuat aplikasi web bekerja dengan baik, keterampilan tambahan berupa komunikasi, tentu akan menjadi sangat berguna bagi para web designer.

Baca Lainnya:

Cara Mudah Belajar Bahasa Pemrograman dengan Kursus Bahasa Pemrograman Beserta Tipsnya

Web programming, dari namanya sudah bisa dibayangkan bahwa akan berkecimpung dalam sebuah pemrograman yang bertugas membuat web atau aplikasi web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Web programing berperan sebagai penghubung semua sumber yang akan digunakan pada sebuah website, mulai dari database, membuat halaman website yang dinamis, hingga mengatur sbuah cara agar pengunjung untuk berinteraksi dengan elemen dari website tersebut.

Seorang web programming diharapkan menguasai bahasa pemrograman baik dari sisi server maupun sisi client, seorang web programming dituntut untuk bisa mengoprasikan database dengan baik. Berikut adalah aplikasi yang harus di pahami dan kuasai seorang web progarming.

  • Client-side, JavaScript
  • Server side, ASP, ASP.NET, Java, Perl, PHP, Python, Ruby, dll.
  • Database, MySQL, Oracle, dll.

Seorang web programming tidak diwajibkan untuk bisa mendesain tampilan web karena hal ini menjadi taanggung jawab seorang web desainer, namun jika seorang web programming bisa menguasai ilmuweb desain akan menjadi nilai tambah.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.