fbpx

Perbedaan Java dan Android

Definisi java menurut Sun Microsystem perusahaan yang memiliki hak cipta java. Sekumpulan teknologi yang membuat perankat lunak dan menjalankan perangkat lunak pada komputer standalone ataupun pada lingkungan jaringan/intenet. Java berdiri di atas sebuah mesin intepreter yang diberi nama Java Virtual Machine (JVM), inilah yang akan membaca bytecode dalam file class dari suatu program sebagai representasi langsung, program yang berisi bahasa mesin. Oleh sebab itu java disebut sebagai bahasa pemrograman protable, karena bisa dijalankan pada berbagai sistem operasi, asalkan sistem operasinya terdapat JVM. Tetapi pada tahun 2009 Oracle membeli Sun Microsystem yang secara tidak langsung Java menjadi milik Oracle secara utuh.

keunggulan apa saja yang di ada pada Java?.

  • Java sanagat sederhana

Sintaks pada java sama dengan sintaks pada C++, tapi sintaks java tidak memerlukan header file, point arithmatic, struktur union, operator overloading, dll. Apabila anda mengenal C++ dengan baik maka saat menggunakan Java akan terasa mudah.


  • Berorientasi Objek

Hal ini merupakan suatu teknik yag memusatkan rancangan pada data dan interface. Fasilitas pemrograman yang berorientasi objek pada java dasarnya adalah sama dengan C++. Perbedaan utama antara Java dan C++ terletak pada penurunan berganda (multiple intheritance).

  • Java bersifat Portable

Java bisa digunakan pada segala amcam arsitekture komputer karena dapat dieksekusi di beragam platform tanpa harus melakukan perubahan kode secara menyeluruh.

Sedangkan android programming merupakan OS Mobileyang tumbuh ditengah OS lainnya yang berkembang. OS yang dimaksut seperti Windows Mobile, iphone OS, Symbian, dll. Android juga menawarkan kekayaan isi dan keoptimalan di atas perangkat hardware yang ada, tetapi Os yang ada ini berjalan dengan memprioritaskan aplikasi inti yang dibangun sendiri tanpa melihat potensi yang cukup besar dari  aplikasi pihak ketiga. Oleh  karena itu,  adanya keterbatasan  dari aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan data asli ponsel, berkomunikasi antar proses  serta keterbatasan  distribusi  aplikasi pihak  ketiga untuk platform mereka. Android menawarkan sebuah lingkungan yang berbeda untuk pengembang.  Setiap  aplikasi  memiliki  tingkatan   yang sama. Android tidak membedakan antara aplikasi inti dengan aplikasi pihak ketiga. API  yang disediakan menawarkan akses ke hardware,  maupun data-data  ponsel   sekalipun,   atau   sistem sendiri.  Bahkan  pengguna  dapat  menghapus aplikasi inti dan menggantikannya dengan aplikasi pihak ketiga.

Baca Juga:

Sedang Cari Kursus Programming Surabaya? Flashcom Indonesia Adalah Pilihan Yang Tepat

  • Dari segi Application

Lapisan aplikasi merupakan serangkaian aplikasi yang terdapat pada perangkat Mobile. Aplikasi inti yang terdapat pada android termasuk kalender, kontak, sms, dll. Sebagaimana apliaksi-aplikasi ini ditulis dengan menggunakan bahasa Java.

  • Dari segi Application Framework

Pengembangan aplikasi memiliki akses penuh ke android sama dengan aplikasi inti yang telah tersedia. Pengembangan dapat dengan mudah mengakses informasi lokalsi, mengatur alarm, menambahkan pemberitahuan ke situsbar, dll.

  • Libraries

Satu set librari dalam bahasa C++ yang digunakan oleh berbagai komponen pada sistem android

  • Android Runtime

Merupakan satu set inti yang menyediakan sebagian besar fungsi yang tersedia di libraris inti merupakan bahasa pemrograman java.

  • Linux kernel

Android bergantung penuh pada linux untu layanan sistem inti seperti keamanan, manajemen memori, manajemen proses network stack dan model driver. Linux kernel juga menjadi lapisan antar hardware dn seluruh software

  • Opensource

Android dibangun untuk benar opensource. Sebagai contoh sebuah aplikasi dapat mengambil dan mengakses fungsi utama ponsel seperti membuat panggilan mengirim pesan teks, menggunakan kamera, dll.

  • Aplikasi dibuat sama

Android tidak membedakan antara aplikasi inti ponsel dan aplikasi pihak ketiga. Kedua jenis aplikasi ini dapat dibangun  dan memiliki akses yang sama pada ponsel. Pengguna dapat sepenuhnya mengatur telepon sesuai kepentingan.

  • Mendobrak batasan aplikasi

Android membuang berbagai hambatan untuk mambangun aplikasi baru yang inovatif. Misalnya seorang pengembang dapat menggabungkan informasi dari web dengan data individu dari ponsel. Misalnya data kontak, kalender, atau lokasi geografis sehingga memberikan informasi yang lebih relevan. Dengan Android, pengembang juga dapat membangun  aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melihat lokasi dan terkoneksi dengan pengguna android lainnya.

  • Pengembangan aplikasi yang cepat dan mudah

Android menyediakan akses ke berbagai library (pustaka) dan tools yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi yang kaya.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.