fbpx

Sharing is caring!

Pelatihan Microsoft Excel

Jika anda bekerja di dunia perkantoran, maka sangat penting sekali mengikuti Pelatihan Microsoft Excel bersama Flashcom. Sebab anda akan lebih sering menggunakan salah satu software perkantoran khususnya excel dalam mengerjakan sebuah tugas. Begitu banyak rumus-rumus yang harus anda tau agar mampu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, beberapa diantaranya ialah sebagai berikut.

SUM

Rumus SUM ini terdapat pada fungsi utama yang sering digunakan untuk mencari penjumlahan sebuah data yang bisa menyelesaikan pekerjaan atau tugas dengan cepat dan tepat. Contoh penggunaan rumusnya ialah =SUM(D3:E3)

AVERAGE

Selanjutnya mengenal Average, merupakan rumus excel yang memiliki fungsi untuk mencari sebuah nilai rata-rata pada suatu variabel. Anda bisa menggunakannya dengan mengetik rumus misalnya =AVERAGE(A2:C4)

AND

Rumus AND, bisa membantu anda dalam menemukan hasil nilai TRUE jika semua argumen yang diujikan bernilai benar. Akan tetapi berbeda jika nilai yang keluar adalah FALSE, artinya salah satu argumen bernilai salah. Cara penggunaan rumusnya =AND(D7>G8)

NOT

NOT merupakan rumus excel yang memiliki fungsi utama dari kebalikan rumus AND. Apabila anda melakukan pengujian suatu data yang menghasilkan TRUE, maka kondisi yang diuji salah. Sebaliknya jika bernilai FALSE maka yang diuji benar. Contohnya =NOT()

OR

Selanjutnya anda akan menemukan rumus OR, fungsi yang menghasilkan  TRUE apabila beberapa argumen bernilai benar dan FALSE jika semua argumen salah.

SINGLE IF

Fungsi single IF akan biasa anda gunakan dalam rumus excel untuk mengembalikan nilai yang kondisinya di cek benar atau salah. Namun juga akan mengembalikan nilai lainnya yang dicek salah atau false. Cara menggunakannya adalah =IF(

MULTI IF

Hampir sama dengan rumus yang sebelumnya ialah single IF, namun rumus multi IF akan mengambil dari dua kondisi nilai atau dapat ditumpuk dengan beberapa perintah lainnya.

Baca Juga:

Kursus Administrasi Perkantoran

AREAS

Rumus AREAS lebih sering digunakan oleh admin perkantoran untuk menampilkan sebuah jumlah area yang berisi range atau sel dalam suatu referensi, seperti alamat range atau sel yang telah disebutkan.

CHOOSE

Jika anda ingin menampilkan sebuah hasil pilihan berdasarkan nomor indeks (value) dengan berisi sebuah data teks, numeric, dan juga formula maka gunakan rumus Choose.

HLOOKUP

Fungsi HLOOKUP merupakan rumus yang dapat anda handalkan dalam menampilkan sebuah tabel yang telah anda susun dengan menggunakan format mendatar.

VLOOKUP

Sedangkan jika anda ingin menampilkan data dari sebuah tabel yang menggunakan format vertical atau tegak, maka gunakan rumus excel VLOOKUP dalam menyusun sebuah data.

MATCH

Merupakan salah satu rumus excel yang berfungsi untuk menampilkan suatu posisi alamat sel yang akan ditetapkan sebelumnya dalam sebuah kelompok data.

Training Excel Advanced bersama PT Angkasa Pura I yang digelar oleh Flashcom Indonesia

Sebelum melanjutkan dari 18 rumus excel yang perlu anda ketahui, berikut salah satu Training Excel Advanced yang telah diselenggarakan oleh Flashcom Indonesia bersama PT Angkasa Pura I.

COUNT IF

Jika anda ingin menghitung jumlah dari cell dalam suatu range dengan kriteria tertentu, gunakanlah rumus COUNT IF pada Microsoft excel.

COUNTA

Berbeda dengan sebelumnya, counta berfungsi untuk menjumlah sebuah cell yang telah terisi. Misalnya terdapat sebuah tabel dengan 12 kolom dan anda ingin mengetahui banyaknya kolom atau cell yang telah terisi.

DATE

Untuk mendapatkan sebuah tipe data date, maka anda bisa memasukkan angka tahun, bulan dan juga hari. Berikut penulisannya, =DATE(year, month, day). Year artinya tahun yang didefinisikan dua digit, month untuk menampilkan bulan yang ditulis dalam format angka, terakhir yaitu day artinya tanggal.

LOWER

Lower memiliki fungsi rumus excel yang digunakan dalam mengubah sebuah text berisi huruf besar menjadi huruf kecil semuanya.

UPPER

Sedangkan jika anda ingin mengubah huruf text dari kecil menjadi huruf besar semuanya, bisa dengan menggunakan rumus UPPER.

PROPER

Terakhir ialah rumus PROPER, berfungsi untuk mengubah karakter pertama semua kata yang anda tulis menjadi huruf besar, dan yang lainnya berupa huruf kecil.

Nah, itulah 18 rumus excel yang bisa membantu anda dalam menyelesaikan pekerjaan perkantoran dengan cepat dan tepat. Sebenarnya masih banyak lagi rumus yang sangat penting dan bermanfaat lainnya dengan mengikuti Pelatihan Microsoft Excel bersama Flashcom. Karena anda akan dipandu langsung oleh Trainer dari kalangan praktisi dan juga akademis profesional. Jika anda ingin menghubungi layanan pelanggan yang Fast Response dapat melalui Hotline 0-811-3380-114 atau WhatsApp.

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.