fbpx

Versi-Versi Android

Bagi banyak orang yang baru saja move on dari ponsel jadul ke Android, pastinya masih bingung dan bimbang. Dalam hati bertanya-tanya apa itu Android tapi malu mengungkapkannya.  Android merupakan sistem operasi berupa piranti lunak yang tidak berwujud, ia berupa deretan kode program berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler seperti yang banyak kita temukan sekarang ini. Tanpa Android, maka ponsel sehebat apapun tidak akan dapat berfungsi. Yang unik dari android adalah penerapan manipulasi sehingga dapat merespon input sentuhan. Namun tahukah anda bahwa saat ini terdapat banyak mengetahui versi-versi android, mau tau apa saja itu? Berikut diantaranya,

Tanpa nama  (Android versi 1.0 1.1)

Sistem ini hadir pada tahun 2008 dan merupakan rilisan pertama android yang belum memiliki nama. Sedangkan versi selanjutnya, Google memberi nama android dengan sebutan makanan ringan agar dapat diingat oleh para penggunanya.

Cupcake (Android versi 1.2–1.5)

Nama ini diambil dari kue kecil yang dikemas dalam sebuah wadah yang biasa disajikan dengan frosting diatasnya. Dengan ini penamaan versi android ini dimulai.


Donut (Android versi 1.6)

Versi ini dirilis pada tahun 2009, Terdapat fitur foto dan video kamera antarmuka dan integrasi pencarian yang lebih baik. Selain itu juga didukung adanya layar yang besar dan navigasi turn-by-turn.

Eclair (Android 2.0-2.1)

Versi ini dirilis pada Oktober 2009, Google telah menambahkan beragam fitur terbaru didalamnya yaitu fitur Bluetooth 2.1, flash dan kamera dengan digital zoom, Multi Touch, Live Wallpaper dan sebagainya.

Froyo (Android 2.2-2.2.3)

Nama Versi ini merupakan singkatan dari Frozen Yoghurt yang dirilis pada Mei 2010. Dengan Update memperbaiki segi kecepatan dan pengoperasian Javascript dari browser, Google Chrome dengan segala fitur-fiturnya.

Gingerbread (Android 2.3-2.4)

Android 2.3 Gingerbread ini merupakan OS Android yang paling lama berkuasa sampai sekarang pun beberapa vendor masih mengeluarkan ponsel dengan versi ini. Adapun perbaikan yang menambahkan beberapa fitur pendukung untuk SIP internet calling, kemampuan nirkabel NFC, dual kamera, sensor giroskop dan sebagainya.

Baca Juga ya:

Ingin Buat Game Android yang Unik dan Menarik? Ikuti Kursus Game Android Surabaya

Honeycomb (Android 3.0-3.2)

Untuk versi ini ditujukan pada gadget tablet. Android Honeycomb rilis pada Februari 2011, kemudian upgrade ke versi 3.1 dan 3.2.

Ice Cream Sandwich (Android 4.0)

Android ini biasa dikenal dengan Android 4.0 ICS. Yang merupakan versi terbaru Android dengan mendukung baik smartphone, tablet, dan lainnya. Didalamnya terdapat perubahan interface dari android sebelumnya, seperti pengoptimalan multitasking, variasi layar beranda yang bisa disesuaikan dan interaktivitas mendalam serta cara baru yang ampuh untuk berkomunikasi dan berbagi konten.

Jelly Bean  (Android 4.1-4.3)

Android 4.1 Jelly Bean ini resmi dikenalkan ke publik sekitar Oktober 2012. Versi ini adalah yang tercepat dan terhalus dari semua versi Android. Fitur barunya meningkatkan kemudahan dan keindahan tampilan dari Ice Cream Sandwich dan memperkenalkan pengalaman pencarian Google yang baru di Android.

KitKat (Android 4.4)

Android versi ini memiliki banyak fitur & semakin memanjakan para pengguna android. Diantaranya: Immersive mode, Akses kontak langsung dari aplikasi telepon, google now launcher, dan pastinya memiliki interface UI yang baru.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.