fbpx

Mengenal Android Studio

Android berubah menjadi platform yang begitu cepat dalam melakukan inovasi, sebab hal ini tidak terlepas dari pengembang utamanya yaitu Google yang mengakuisisi android dan membuatkan sebuah platform. Platform android terdiri dari sistem operasi berbasis linux, sebuah GUI, web browser dan aplikasi end-user yang dapat kamu download dan juga para pengembangnya leluasa berkarya untuk menciptakan aplikasi terbaik dan terbuka oleh berbagai macam perangkat. Nah, berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui untuk mengenal lebih dekat dengan android studio, diantaranya yaitu.

Layout

Pada android studio dibedakan menjadi dua yaitu design dan tex, secara default layout xml menggunakan mode design. Namun kamu juga bisa mengubahnya dalam mode text agar terlihat source code dari text XML nya. Selain itu memiliki live preview yang membuatmu tidak perlu bolak-balik ke mode design untuk melihat hasil kode xml nya.

Struktur Folder

Struktur folder pada Android Studio seperti berikut.


Terdapat folder .idea, app, gradle dan file – file yang ada diroot folder. Folder app/ adalah folder utama pada aplikasi android, didalamnya akan seperti ini.

Baca Juga:

Keunggulan Membuat Android Application Menggunakan Android Studio dalam Pelatihan Android

Pada folder build seperti gen, isinya file hasil generate dari IDE yang tidak perlu diubah lagi isi folder tersebut. Kemudian dalam folder libs kamu bisa menggunakan library dalam bentuk .jar dan ditempatkan didalamnya. Selanjutnya folder src/. merupakan folder tersimpannya source java dan layout dalam bentuk XML, secara default android studio akan mengenerate dua folder yaitu androidtest dan main. Jika belum paham, maka fokuslah pada folder main karena source dan resource terletak pada folder tersebut.

Gradle

File gradle berisi library yang digunakan pada versi ini yaitu signed key properties, lokasi repository dan lainnya. file yang sering diubah adalah file build gradle yang berada dalam folder app kamu bisa melihatnya pada gambar diatas. file tersebut berisi pengaturan dalam versi sdk yang telah di compile, build version, nama paket aplikasi dan sebagainya.

100% Praktik & Jadwal Fleksibel

dibimbing langsung oleh ahlinya

Customer Service

Dapatkan newsletter untuk penawaran khusus, agenda seminar, workshop, dan informasi lainnya.